Pola wirausaha mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang angkatan tahun 2014 dan 2015

Apriani, Septi (2019) Pola wirausaha mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang angkatan tahun 2014 dan 2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pola Entrepeneur Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Angkatan Tahun 2014 dan 2015”. Peneliti tertarik meneliti judul tersebut karena melihat adanya potensi dari mahasiswa Manajemen Dakwah (MD) yang mulai membangunn jiwa-jiwa entrepreneur dalam bidang sosial dan ekonomi yang telah dijalankan akan tetapi belum ada yang meneliti terkait hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola apa saja yang digunakan oleh mahasiswa Manajemen Dakwah (MD) UIN Walisongo Semarang dalam menjalankan kegiatan entrepreneur, (2) mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan kegiatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif guna memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pola entrepreneur yang digunakan oleh mahasiswa Manajemen Dakwah (MD) UIN Walisongo Semarang angkatan tahun 2014 dan tahun 2015. Data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan langsung dilokasi kegiatan entrepreneur melalui wawancara dan arsip dokumentasi kegiatan entrepreneur. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dan literatur-literatur mengenai kegiatan entrepreneur. Hasil penelitian kegiatan entrepreneur adalah (1) terdapat 3 (tiga) pola entrepreneur yang dijalankan yaitu business entrepreneur, social entrepreneur, dan academic entrepreneur yang dipadukan dengan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) menghasilkan pola kegiatan yang terstruktur. (2) keberhasilan yang telah dicapai dalam kegiatan entrepreneur adalah, kemampuan dan kemauan, tekad yang kuat dan kerja keras, kesempatan dan peluang. Namun demikian, peneliti juga menemukan adanya kegagalan dalam melaksanakan kegiatan entrepreneur seperti, pendapatan yang tidak menentu, dan perlu kerja keras dan waktu yang lama untuk sampai kepada kesuksesan melakukan kegiatan entrepreneur.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMalik, Hatta AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorSaerozi, SaeroziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan; Entrepreneur; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 May 2019 04:26
Last Modified: 13 May 2019 04:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9534

Actions (login required)

View Item View Item