Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran mobile learning pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII semester gasal SMP Negeri 2 Balapulang-Tegal tahun pelajaran 2011/2012

Alwi, Mohamad (2012) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran mobile learning pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII semester gasal SMP Negeri 2 Balapulang-Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_083511035 _Mohamad_Alwi]
Preview
Text (SKRIPSI_083511035 _Mohamad_Alwi)
083511035_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of 083511035_Bab1.pdf]
Preview
Text
083511035_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 083511035_Bab2.pdf]
Preview
Text
083511035_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 083511035_Bab3.pdf]
Preview
Text
083511035_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 083511035_Bab4.pdf]
Preview
Text
083511035_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 083511035_Bab5.pdf]
Preview
Text
083511035_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 083511035_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083511035_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Mobile Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII A semester gasal SMP Negeri 2 Balapulang-Tegal.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balapulang-Tegal. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A yang jumlahnya ada 40 peserta didik terdiri dari 22 putra dan 18 putri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi, kuesioner, dan metode tes. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data-data tentang permasalahan yang sering dihadapi dalam pembelajaran sebelum pemberian tindakan, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui berapa jumlah, nama-nama, dan nilai-nilai peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di tahun pelajaran sebelumnya, metode observasi digunakan untuk mengetahui gambaran umum peserta didik, metode kuesioner digunakan untuk memperoleh data mengenai motivasi belajar peserta didik, sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik pada saat penelitian. Pengumpulan data mengenai motivasi belajar peserta didik menggunakan angket motivasi belajar, sedangkan pengumpulan data mengenai hasil belajar peserta didik menggunakan soal tes evaluasi yang dilakukan di setiap akhir siklusnya.
Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, motivasi belajar peserta didik mempunyai persentase 48,5% dan rata-rata hasil belajar 59,46 dengan ketuntasan klasikal 48,75%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 65,11% dan rata-rata hasil belajar 74,43 dengan ketuntasan klasikal 72,5%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat dipersentasekan menjadi 76,3% dan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 79,6 dengan ketuntasan klasikal 92,5%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah digunakannya media pembelajaran Mobile Learning jika dibandingkan dengan sebelumnya.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Mobile Learning. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan momentum bagi guru maupun peserta didik bahwa belajar bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Mobile Learning; Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:09
Last Modified: 04 Jun 2021 09:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics