Studi Komparasi Kompetensi antara Guru Tersertifikasi dan Tidak Tersertifikasi Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Firdusiyah, Vila (2012) Studi Komparasi Kompetensi antara Guru Tersertifikasi dan Tidak Tersertifikasi Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511040_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511040_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511040_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511040_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511040_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511040_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511040_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kompetensi antara guru tersertifikasi dan tidak tersertifikasi mata pelajaran matematika tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Berawal dari adanya program pemerintah tentang sertifikasi pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional di Indonesia melalui peningkatan profesionalisme guru maka peneliti tertarik untuk membahas permasalahan yang berhubungan dengan kompetensi guru mata pelajaran matematika tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan “apakah terdapat perbedaan kompetensi antara guru tersertifikasi dan tidak tersertifikasi mata pelajaran matematika tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus tahun pelajaan 2011/2012?”. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh guru mata pelajaran matematika tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus yang berjumlah 121 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika yang terkelompok dalam lima sekolah tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus yang terpilih melalui undian. Jumlah sampel 30 guru dengan rincian 19 guru tersertifikasi dan 11 guru tidak tersertifikasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: 1) Dokumentasi untuk memperoleh data jumlah SMP Negeri dan guru mata pelajaran matematika tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2011/2012. 2) Observasi untuk mengetahui proses pembelajaran di kelas oleh guru tersertifikasi dan tidak tersertifikasi. 3) Kuesioner atau angket untuk mengetahui kompetensi guru tersertifikasi dan tidak tersertifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kompetensi antara guru tersertifikasi dan tidak tersertifikasi mata pelajaran matematika tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh dan dengan taraf signifikan 5%, dk = n-1 sehingga < < . Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi peneliti, mahasiswa, tenaga pendidik, serta semua pihak tentang adanya sertifikasi pendidik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional di Indonesia melalui peningkatan profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru; Profesionalisme Guru; Sertifikasi Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:10
Last Modified: 16 Dec 2013 06:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item