Nilai-nilai dakwah dalam pengembangan masyarakat berbasis potensi lokal : studi di Pasar Papringan Ngadiprono Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Ulfah, Novia (2019) Nilai-nilai dakwah dalam pengembangan masyarakat berbasis potensi lokal : studi di Pasar Papringan Ngadiprono Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kekayaan alam yang melimpah dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan maupun masyarakat setempat. Dengan adanya sumber daya yang ada akan memberikan masyarakat nilai guna dan nilai jual secara ekonomis. Potensi alam di suatu daerah bergantung pada kondisi geografis, iklim, dan bentang alam daerah tersebut. Maka kondisi alam yang berbeda tersebut menyebabkan perbedaan dan ciri khas potensi lokal setiap daerah termasuk di Dusun Ngadiprono Desa Ngadimulyo salah satu potensi yang dimiliki adalah pohon bambu yang berlimpah di pekarangan rumah warga. Pengembangan masyarakat melalui pengelolaan pada salah satu potensi lokal dengan memanfaatkan kebun bambu menjadi pasar unik yang menyajikan berbagai makanan lokal. Pasar Papringan Ngadiprono yang diharapkan dapat menjadikan kebun bambu lebih dicintai masyarakat setempat, dan dapat memberikan nilai tambah berupa manfaat ekonomi, sosial, lingkungan bagi masyarakat setempat. Kaitannya dengan teori dakwah, metode dakwah menurut paradigama ilmu dakwah salah satunya adalah metode pengembangan masyarakat atau yang sering disebut dengan dakwah bil-hal yang dilakukan dalam bentuk aksi nyata yang upayanya adalah untuk memecahkan persoalan hidup manusia. Dan dalam kegiatan pengembangan masyarakat melalui pemberdayaan potensi lokal dalam bentuk Pasar Papringan Ngadiprono mengandung beberapa nilai-nilai dakwah yang salah satunya adalah nilai kebersihan lingkungan seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadist Nabi. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) bagaimana pengembangan masyarakat berbasis potensi lokal di Pasar Papringan Ngadiprono, (2) bagaimana nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam pengembangan masyarakat di Pasar Papringan Ngadiprono Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Untuk mendapatkan jawaban di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mendapatkan data. Kemudian menggunakan teknik analisis data dari Miles-Huberman yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan masyarakat berbasis potensi lokal dengan revitalisasi kebun bambu menjadi Pasar Papringan yang upayanya untuk memecahkan beberapa permasalahan warga Ngadiprono agar lebih mandiri dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat. Hal tersebut dapat dilihat dari keadaan ekonomi masyarakat Ngadiprono setelah mengikuti Pagelaran Pasar Papringan tersebut, dengan didapatkannya keuntungan ekonomi yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kegiatan Pasar Papringan ini tidak hanya bertujuan untuk mengentaskan perekonomian warga Ngadiprono, namun juga fokus pada masalah kebersihan lingkungan yang selama ini menjadi keresahan warga sekitar. Kegiatan pengembangan masyarakat berbasis potensi lokal melalui pemanfataan kebun bambu menjadi pasar papringan menjadikan kebun bambu yang awalnya terkesan kumuh menjadi pasar ramah lingkungan yang selalu dijaga kebersihannya dan meningkatkan nilai kebersihan lingkungan. (2) Nilai-nilai dakwah yang ada dalam kegiatan Pagelaran Pasar Papringan Ngadiprono meliputi nilai kebersihan, nilai kerja keras, nilai kedisiplinan, nilai kompetisi, dan nilai kejujuran. Namun tidak memungkiri juga bahwa dalam kegiatan Pasar Papringan Ngadiprono terkandung beberapa nilai-nilai dakwah lain, diantaranya: nilai tolong menolong, nilai tanggung jawab, saling menasehati, dan nilai keteladanan. Beberapa nilai tersebut di implementasikan dalam kegiatan Pasar Papringan Ngadiprono.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMudhofi, MudhofiUNSPECIFIED
Thesis advisorSuprihatiningsih, SuprihatiningsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pengembangan masyarakat; Potensi lokal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 May 2019 07:51
Last Modified: 14 May 2019 07:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9584

Actions (login required)

View Item View Item