Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Manaqib Syaikh Abdul Qadir al-Jailani karya Kiai Muslih

Rohmatullah, Achmad (2018) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Manaqib Syaikh Abdul Qadir al-Jailani karya Kiai Muslih. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kitab manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani (An-Nurul Burhani), Kajian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dari segi hubungan dan sifat. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dari segi hubungan dan sifat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentai dengan sumber data primer kitab manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dan data sekunder dari buku atau tulisan yang berkaitan dengan akhlak dan metode penanamannya. Hasil yang diperoleh dari pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan analisis isi dan metode interpetasi. (1) Nilai-nilai akhlak dalam kitab manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani merupakan suatu norma yang harus ditanamkan dalam pribadi seseorang, agar dapat menjadi acuan atau pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan masa depannya. (2) Nilai-nilai akhlak dapat dilihat dari dua segi, Segi hubungan, yaitu hubungan kepada Allah Swt, manusia (sesama); (para ulama’, orang kaya, orang miskin, dan menghormati guru), diri sendiri, dan lingkungan. Sedangkan dari Segi sifatnya, yaitu mahmudah (terpuji) dan madzmumah (tercela). Adapun nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab ini berisi tentang nilai akhlak mahmudah yang meliputi : ridha, bersyukur, tidak menolak orang meminta-minta. Sedangkan nilai yang termasuk dalam nilai akhlak madzmumah : sombong, marah, kotor (Berlumuran dosa), dan senang dan benci karena hawa nafsu. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini bisa menjadi khazanah keilmuan dan menjadi terobosan ilmiah yang bermanfaat bagi segenap praktisi pendidikan dalam rangka menciptakan pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak dalam mengarungi tantangan dan perkembangan zaman.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMuthohar, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Manaqib
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 May 2019 07:53
Last Modified: 14 May 2019 07:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9586

Actions (login required)

View Item View Item