Analisis Pembiayaan untuk Pendidikan bagi Nasabah di BPRS Suriyah Cab. Semarang

Arzaqi, M. Dimas (2013) Analisis Pembiayaan untuk Pendidikan bagi Nasabah di BPRS Suriyah Cab. Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102503104_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503104_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503104_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503104_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503104_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503104_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (5kB) | Preview

Abstract

Sebagai Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah, BPRS Suriyah menyalurkan produk funding dan lending. Dari sekian produk pembiayaan yang disalurkan BPRS Suriyah cabang Semarang, produk pembiayaan dengan sistem sewa (Ijarah) merupakan produk yang diminati oleh nasabah, karena dengan produk ini nasabah dapat mengajukan pembiayaan yang bersifat sewa barang atau jasa dari BPRS Suriyah cabang Semarang dengan upah sewa yang telah menjadi kesepakatan antara bank dengan nasabah. Transaksi sewa ini dalam BPRS Suriyah cabang Semarang diaplikasikan dalam pembiayaan untuk biaya pendidikan, rumah sakit, pernikahan, biaya magang ke Jepang dan lain sebagainya. Produk ini dalam BPRS disebut dengan pembiayaan ijarah multijasa. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis ingin mengetahui yang pertama, yaitu tentangdasar hukum yang digunakan, bagaimana mekanisme pembiayaan dan prinsip penilaian pembiayaan multijasa untuk biaya pendidikan di BPRS Suriyah cabang Semarang. Kemudian yang kedua, yaitu alasan BPRS Suriyah cabang Semarang tidak menggunakan akad qhord untuk biaya pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara kepada karyawan BPRS Suriyah cabang Semarang, observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang menjadi fokus penelitian dan mengetahui suasana kerja di BPRS Suriyah cabang Semarang serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan mekanisme pembiayaan multijasa di BPRS Suriyah cabang Semarang dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threaths), yaitu suatu metode penelitian tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu satuan organisasi. Berdasarkan uraian permasalahan yang telah dibahas, maka penerapan akad ijarah untuk biaya pendidikan di BPRS Suriyah cabang Semarang dapat disimpulkan sebagai berikut; Pertama, Mekanisme pelaksanaan pembiayaan multijasa dengan akad ijarah untuk biaya pendidikan di BPRS Suriyah telah sesuai dengan prinsip – prinsip syari’ah. Pada pembiayaan ijarah multijasa ini, pihak BPRS Suriyah cabang Semarang menyerahkan keputusan pencairan pembiayaan sesuai dengan rapat dewan komite. Bank mendapatkan keuntungan dari ujrah yang disepakati antara bank dengan nasabah. Sedangkan nasabah mendapatkan dana untuk membayar kebutuhannya dari pembiayaan multijasa. Adapun prinsip penilaian yang digunakan yaitu menggunakan prinsip 5C (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition). Kedua, alasan dari BPRS Suriyah tidak menggunakan akad qhord yaitu BPRS Suriyah tidak ingin mengambil resiko yang terlalu besar dengan kata lain untuk meminimalisir resiko yang akan terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ijarah; Pembiayaan Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:12
Last Modified: 16 Dec 2013 06:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item