Efektivitas metode jigsaw terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi macam-macam sujud : studi experimen di kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang

Al Ghozali, Baihaqi (2018) Efektivitas metode jigsaw terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi macam-macam sujud : studi experimen di kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode jigsaw dalam pembelajaran PAI materi macam-macam sujud lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Negeri 32 Semarang. Sampelnya adalah kelas VIII E yang terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F yang terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode Jigsaw dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran ceramah. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung= 2,23000411 sedangkan ttabel = 1,994. Karena thitung > ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada materi macam-macam sujud VIII SMP Negeri 32 Semarang menggunakan metode Jigsaw lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 81,1111 dan kelompok kontrol = 78,8333, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi macam-macam sujud VIII SMP Negeri 32 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHasan, KarnadiUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyudi, WahyudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Jigsaw; Sujud; Hasil belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 May 2019 07:59
Last Modified: 14 May 2019 07:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9593

Actions (login required)

View Item View Item