Penerapan Model Pembelajaran, Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis (studi proses di Kelas XI MAN 2 Kudus)

Al-Fadly, Khoirul Huda (2010) Penerapan Model Pembelajaran, Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis (studi proses di Kelas XI MAN 2 Kudus). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Fadly_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Fadly_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Fadly_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Fadly_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of Fadly_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Fadly_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Fadly_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Fadly_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

MAN 2 Kudus khususnya kelas XI pada proses pembelajaran al-Qur’am Hadis\ yang terdiri dari berbagai latar belakang peserta didik dengan kemampuan yang berbeda-beda memberikan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, tidak seperti selama ini yang hanya mengembangkan pembelajaran dengan satu arah yang lebih banyak mengandalkan ceramah, salah satu yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan karakteristik dan kemampuan yang berbeda adalah dengan menggunakan metode Aptitude Treatment Interaction (ATI). ATI sebagai salah bentuk metode dilakukan guru al-Qur’an Hadis\ kelas XI MAN 2 Kudus dengan memberikan bimbingan yang beragam kepada peserta didik sesuai tingkat kemampuan, sehingga mereka akan mudah memahami proses pembelajaran yang dilakukan, karena mereka mendapat perlakuan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya.

Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis mmelalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.

Hasil penenlitian menunujukkan 1) pelaksanaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis\ di kelas XI MAN 2 Kudus dilakukan dengan membagi peserta didik dalam 3 kelompok disesuaikan dengan kemampuannya (tinggi, sedang dan rendah), bagi peserta didik yang berkemampuan rendah perlakuannya adalah dengan membimbing mereka satu persatu terutama dari sudut bacaan dan tulisan, bagi peserta didik yang berkemampuan sedang perlakuannya dengan proses pembelajaran reguler dengan berbagai variasi seperti diskusi dan tanya jawab, bagi peserta didik yang berkemampuan tinggi perlakuan dengan belajar mandiri dengan lebih banyak mempersilahkan peserta didik mengkaji materi QS Al-Baqarah :148; QS Al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97. 2) Implikasi penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis\ di kelas XI MAN 2 Kudus bagi pengembangan pembelajaran peserta didik dilihat dari penghargaan terhadap kemampuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik sehingga mereka belajar yang mereka bisa, bentuk pemberian pelayanan yang berbeda ini memberikan kesempatan yang luas pada diri peserta didik untuk mengembangkan pembelajarnnya dan mereka akan selalu termotivasi untuk mengembankan kemampuannya dalam mengetahui dan memahami materi yang ada dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis\ khususnya pada materi pokok QS Al-Baqarah :148; QS Al-Faathir : 32 dan QS An-Nahl : 97.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aptitude Treatment Interaction; Model Pembelajaran; Teaching Methods
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Sep 2013 02:53
Last Modified: 28 Sep 2013 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics