Studi Deskripsi Tentang Pembelajaran Pkn Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Dengan Model The Power Of Two And Four Kelas IV MI Negeri Bantarbolang Kabupaten Pemalang

Widiarti, Ida (2012) Studi Deskripsi Tentang Pembelajaran Pkn Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Dengan Model The Power Of Two And Four Kelas IV MI Negeri Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911027_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911027_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911027_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911027_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911027_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911027_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911027_BIbliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembelajaran Pkn materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat dengan model The Power Of Two And Four di kelas IV MI Negeri Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Kajiannya dilatar belakangi oleh realitas yang menunjukan semakin banyaknya inovasi dalam pembelajaran. Hal ini menuntut adanya hal baru dalam pembelajaran yang menyangkut interaksi edukatif. Oleh karena itu guru dituntut untuk mengubah mainset tradisioanl yang menganggap peserta didik hanya sebagai objek pembelajaran. Studi dalam skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat dengan model The Power Of Two And Four. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di kelas IV MI Negeri Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data kemudian dianalisis dengan pendekatan fenomenologis dan analisis deskriptif. Kajian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran PKn dengan model The Power Of Two And Four sudah sesuai dengan teori. Hal ini terlihat dari adanya persiapan guru yang dilakukan sebelum mengajar di ruang kelas. Adapun pedoman guru dalam pelaksanaan model The Power Of Two And Four adalah buku PAIKEM. Meskipun secara mandiri dapat dilaksanakan dalam proses pembelajaran, namun tidak menutup kemungkinan bisa dipadukan dengan model yang lain, misalnya demonstrasi. Perlu diperhatikan dalam penerapan model ini adalah tentang perhatian terhadap perbedaan kemampuan peserta didik yang kaitannya dengan pembentukan kelompok yang menunjukan adanya perbedaan hasil yang diperoleh siswa yang berkemampuan rendah, karena mereka tidak maksimal dalam prioritas memberikan pendapat dan mengungkapkan buah pikiran mereka. Hal ini dikarenakan dalam pembentukan kelompok, mereka cenderung membentuk berdasarkan teman dekat masing-masing. Terdapat problem dalam penerapan model ini yaitu adanya kegaduhan yang ditimbulkan oleh peserta didik dan kurang terbiasanya peserta didik dengan model tersebut. Adapun solusi yang penulis tawarkan adalah sebaiknya peserta didik lebih diperkenalkan lagi dengan model pembelajaran lain dan adanya pemberian hukuman yang mendidik bagi peserta didik yang gaduh.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pkn; Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat; The Power Of Two And Four
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:06
Last Modified: 16 Dec 2013 04:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item