Pengaruh onlineshop terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang

Aeni, Eni Nur (2019) Pengaruh onlineshop terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman sekarang ini telah membawa perubahan- perubahan di segala bidang kehidupan melalui nternet. Dengan adanya nternet untuk memenuhi kebutuhan dapat melalui media online. Fasilitas dan kemudahn yang ditawarkan dalam melakukan belanja online mengakibatkan terjadinya konsumsi secara berlebihan dan mengarah pada perilaku konsumtif konsumen. Perilaku konsumtif ini juga terjadi dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif melaui pembelian secara online. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yaitu variabel kualitas innformasi (X1), variabel kemudahan (X2), variabel Harga (X3), dan variabel Kualitas produk (X4), serta variabel dependennya yaitu variabel perilaku konsumtif (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 mahasiswa/i. Tehnik pengumpulam data menggunakan metode kuesioner berupa peernyataan tertulis yang disebar kepada responden yang melakukan pembelian online menggunakan tehnik incidental sampling. Analisis data dilakaukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS Statistics V.24. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultaan kempat variabel independen ( Xi, X2, X3,X4 )berpengaruh terhadap variabel dependen (Y), dan parsial hanya variabel kemudahan (X2) dan harga (X3) yang berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif.Sedangkan variabel kualitas informasi (X1) dan kualitas produk (X2) tidak berpengaruh.Ini disebabkan karena ada faktor lain yang mendorong untuk melakukan pembelian secara online dan konsumtif seperti faktor kemudahan, harga, dan faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Besarnya koefisien determinasi ( R square) adalah 38,2%. Hal ini berarti keempat variabel independen hanya mampu menjelaskan sebesar 38,2% variasi dependen.sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorArifin, JohanUNSPECIFIED
Thesis advisorFarida, Dessy NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; Onlineshop; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 May 2019 06:41
Last Modified: 20 May 2019 06:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9616

Actions (login required)

View Item View Item