Analisis perbandingan profitabilitas perusahaan sebelum dan sesudah penerapan e-commerce : studi pada perusahaan sub sector retail trade dalam Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) di Bursa Efek Indonesia

Puspita, Nanda Tri (2019) Analisis perbandingan profitabilitas perusahaan sebelum dan sesudah penerapan e-commerce : studi pada perusahaan sub sector retail trade dalam Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1405026067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Salah satunya dalam bidang ekonomi yang pada beberapa tahun terakhir marak terjadi yang dikenal dengan istilah e-commerce. Banyak pengusaha yang telah menerapkan sistem ini. Namun belum diketahui apakah sistem ini berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dibandingkan dengan sebelum menerapkannya. Dari latar belakang masalah tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Perbandingan Profitabilitas Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Penerapan E-Commerce (Studi Pada Perusahaan Sub Sector Retail Trade Dalam Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) Di Bursa Efek Indonesia)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat perbedaan profitabilitas yang diukur dengan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan sub sector retail trade sebelum dan sesudah menerapkan e-commerce, (2) Apakah terdapat perbedaan profitabilitas yang diukur dengan Return on Assets (ROA) pada perusahaan sub sector retail trade sebelum dan sesudah menerapkan e-commerce, (3) Apakah terdapat perbedaan profitabilitas yang diukur dengan Return on Equity (ROE) pada perusahaan sub sector retail trade sebelum dan sesudah menerapkan e-commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah emiten sub sector retail trade yang masuk dalam Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) selama periode penelitian. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 4 emiten. Metode pengumpulan data melalui studi pustaka dan dokumentasi data sekunder, dengan teknik analis uji beda menggunakan Paired Sample T-Test dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap NPM sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,829>0,05. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ROA antara periode sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,354>0,05, Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ROE antara periode sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,204>0,05. Dengan kata lain, semua hipotesis (Ha1, Ha2, Ha3) ditolak dan H0 diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKristin, AriUNSPECIFIED
Thesis advisorAdhitya, FajarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Commerce; Profitabilitas; Saham syariah; Perdagangan daring; Bisnis online
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 31 May 2019 02:53
Last Modified: 31 May 2019 02:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9627

Actions (login required)

View Item View Item