Strategi Pemasaran Pembiayaan Musyarakah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi

Mubarok, Moh Joni (2013) Strategi Pemasaran Pembiayaan Musyarakah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102503107_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503107_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503107_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503107_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503107_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503107_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Salah satu kesuksesan dari pemasaran adalah terbentuknya pemahaman persepsi yang tepat dibenak konsumen. Sedangkan pembentukan pemahaman dan persepsi tersebut dibutuhkan strategi marketing yang tidak mudah, apalagi untuk bisnis perbankan syari’ah yang relatif baru bagi masyarakat kita. Salah satu BPRS Syariah yang menggunakan strategi pemasaran dalam memasarkan produknya adalah BPRS Syariah Ben Salamah Abadi Purwodadi. BPRS Syariah Ben Salamah Abadi Purwodadi mempunyai strategi tersendiri dalam memasarkan produk-produknya. Hal ini menjadi penting untuk diteliti dan dikaji khususnya dalam perkembangan strategi pemasaran syariah. Rumusan masalah yang dipakai dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah di BPRS Ben Salamah Purwodadi dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pemasaran produk pembiayaan musyarakah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi. Jenis penelitian yang gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dimana data yang terkumpul berupa dokumen-dokumen-. Teknik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa strategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah di BPRS Ben Salamah Purwodadi dipasarkan dengan cara jemput bola yang berarti nasabah tidak harus datang ke BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi namun pihak pemasaran yang akan mendatangi rumah-numah nasabah. Sementara kendala yang dihadapi dalam pemasaran produk pembiayaan musyarakah adalah kesalahpahaman masyarakat yang masih menganggap BPR syari’ah sama dengan BPR Konvensional. Kendala lainnya adalah rendahnya sumber daya yang dimiliki oleh BPR Syari’ah Ben Salamah Purwodadi sehingga karyawan BPR Syari’ah Ben Salam Purwodadi dalam melakukan aktivitasnya cenderung lambat dan respon terhadap permasalahan ekonomi rendah. Kemudian kendala lain adalah kurang adanya koordinasi di antara BPR Syari’ah Ben Salamah Purwodadi dengan bank syari’ah lainnya ataupun dengan BMT.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Musyarakah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:15
Last Modified: 16 Dec 2013 06:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item