Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Talking Stick Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang di MTs Qodiriyah Harjowinangun Tahun Pelajaran 2011/2012.

Suraya, M. Dikiya (2012) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Talking Stick Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang di MTs Qodiriyah Harjowinangun Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611014_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611014_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611014_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611014_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611014_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611014_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611014_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok getaran dan gelombang di MTs Qodiriyah Harjowinangun. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTs Qodiriyah Harjowinangun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 80, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas VIII A yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan semester sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 3,481, sedangkan t table =1,66 Karena thitung > t table berarti rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yang diberikan pengajaran dengan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang diberikan pengajaran dengan pembelajaran konvensional. Hal itu berarti bahwa penggunaan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok getaran dan gelombang di MTs Qodiriyah Harjowinangun tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 71,100 dan kelompok kontrol =64,800. Selain itu besarnya efektivitas penggunaan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran adalah 14,9 %.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Belajar Kognitif; Media Pembelajaran; Talking Stick
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:16
Last Modified: 16 Dec 2013 06:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item