Pengaruh kualitas produk dan preferensi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pada penggunaan kartu e-toll sebagai alat transaksi dalam kebijakan pembayaran non tunai

Sari, Yuanisa Kusuma (2019) Pengaruh kualitas produk dan preferensi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pada penggunaan kartu e-toll sebagai alat transaksi dalam kebijakan pembayaran non tunai. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dengan Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner yang diberikan kepada konsumen pengguna kartu e-toll sebanyak 100 responden, dan didukung pula dengan data sekunder. Dengan perumusan permasalahan pada penelitia ini adalah bagaimana pengaruh variabel keunggulan kualitas produk dan preferensi konsumen terhadap proses pengambilan keputusan konsumen pada penggunaan kartu e-toll card sebagai alat transaksi dalam kebijakan pembayaran non tunai? Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan koefisien determinasi (R2), dangan olah data menggunakan SPSS 23.0 for windows. Dari hasil pengeolahan data penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 13,067+ 0,135 + 0,140 Dengan hasil penelitian pada koefisienan regresi secara parsial (uji t) pada kedua variabel adalah untuk variabel kualitas produk menunjukkan bahwa nilai thitung >ttabel (2,225 >1,984), dan nilai signifikansi (0,028 < 0,05) sehingga menghasilkan simpulan bahwa hipotesis H1 dapat dinyatakan diterima dan dapat diketahui bahwa Terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel kualitas produk(X1) terhadap Keputusan konsumen dalam menggunakan e-toll card sebagai alat transaksi non tunai (Y), dan hasil uji parsial pengaruh variabel Preferensi konsumen terhadap pengambilan keputusan konsumen adalah mengahasilkan nilai signifikansi 0,111 > 0,05 dan nilai thitung 1,610 < 1,984, dengan begitu hasil uji parsial variabel menyatakan bahwa H2 ditolak dengan kesimpulan bahwa variabel preferensi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan konsumen untuk menggunakan produk e-toll card sebagai alat transaksi non tunai (Y). Sedangkan dalam koefisien determinasi (R2) diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,074% , hal ini berarti bahwa variasi proses pengambilan keputusan (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel kualitas produk dan preferensi konsumen (X) yaitu hanya sebesar 7,4% Sedangkan sisanya ditentukan atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam analisa atau penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorEl-Junusi, RahmanUNSPECIFIED
Thesis advisorFarida, Dessy NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk; Preferensi konsumen; Pembayaran non tunai
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:32
Last Modified: 13 Jun 2019 07:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9664

Actions (login required)

View Item View Item