Kontribusi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Kabupaten Demak

Kholil, Kholil (2010) Kontribusi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Kabupaten Demak. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Kholil_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kholil_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kholil_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kholil_Tesis_Bab6.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kholil_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) di Madrasah adalah pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pendidikan di madrasah dengan melakukan penilaian dan pembinaan dari segi teknis akademik dan administrasi pada satuan pendidikan pra-sekolah, dasar dan menengah. Pengawas PAI mempunyai peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, diantaranya pengawasan akademik dan pengawasan administratif. Pengawasan akademik dan pengawasan administratif termasuk di dalamnya adalah pengembangan KTSP MI. Pengembangan KTSP Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam kenyatannya di lapangan tidak bisa berjalan dengan maksimal tanpa adanya pengawasan dari supervisor atau pengawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik yang dipergunakan dalam pengumpulan datanya adalah metode penelitian lapangan dengan teknik observasi dan interview. Peneliti juga melakukan studi dokumen mengenai kontribusi pengawas dalam pengembangan KTSP di Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun di POKJAWAS. Hasil penelitian dalam tesis ini diperoleh data bahwa PPAI telah menunjukkan kontribusinya, yaitu PPAI telah mengadakan pembinaan secara rutin, yang dilengkapi dengan instrumennya masing-masing dan terlibat dalam pengembangan KTSP di MIS, namun kontribusinya berbeda-beda, PPAI yang usianya relatif muda, akan lebih banyak memberikan pembinaan kepada madrasah, serta pola pandang kedatangan ke madrasah pun berbeda antara pengawas muda dengan pengawas yang sudah tua atau menjelang masa purna tugas. Hal yang membedakan besar kecilnya kontribusi PPAI diantaranya adalah usia, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, sampiran tugas kedinasan di luar tugas pengawas, kesanggupan menggali informasi dari berbagai media dan pola pikir tujuan supervisi ke madrasah ibtidaiyah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan PPAI selalu meningkatkan kenerja dan kompetensinya, khususnya kompetensi akademik dan administratif/manajerial. PPAI diharapkan mengubah paradigma dan pola pandang kepengawasan, bahwa pendidikan adalah dinamis, maju dan selalu berkembang. Oleh sebab itu PPAI harus menggali pengalaman sebanyak-banyaknya, baik belajar, membaca, maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan rajin mengakses berbagai media yang berkaitan dengan pendidikan, serta mahir dalam penguasaan teknologi informasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengawas Pendidikan Agama Islam; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP); Islamic Religious Education Supervisor
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Sep 2013 05:19
Last Modified: 28 Sep 2013 05:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item