Manajemen pemasaran pendidikan di SMP Eka Sakti Semarang

Kulsummawati, Ummi (2019) Manajemen pemasaran pendidikan di SMP Eka Sakti Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Perencanaan manajemen pemasaran Pendidikan di SMP Eka Sakti Semarang. 2. Pelaksanaan manajemen pemasaran Pendidikan di SMP Eka Sakti Semarang. 3. Evaluasi manajemen pemasaran Pendidikan di SMP Eka Sakti Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: manajemen pemasaran pendidikan di SMP Eka Sakti Semarang menggunakan konsep manajemen yang dimulai dari tahap: perencanaan yaitu dengan menyusun perangkat pemasaran meliputi rencana tanggal pelaksanaan, rencana daerah pemasaran, target yang dituju, cara pelaksanaan pemasaran pendidikan dan tim pelaksana penerimaan peserta didik. Pelaksanaan meliputi tanggal pelaksanaan pemasaran pada bulan Januari sampai Juli, daerah pemasaran dan target yang dituju yaitu sekolah SD/MI yang berada didaerah Banyumanik, pelaksanaan pemasaran pendidikan dengan melakukan pemasang spanduk, phamplet dan brosur guna memudahkan informasi kepada siswa baru serta menawarkan strategi khusus yaitu memberikan bonus bagi siswa yang beprestasi baik akademik maupun non akademik, program peduli keluarga, anak yatim, hafalan al-Qur’an, koordinasi alumni dan tim pelaksana penerimaan peserta didik melakukan pemasaran sesuai dengan job description. Evaluasi dilaksanakan pada tiap dua minggu, bulanan, tengah semester, akhir semester dan akhir tahun dalam tahapan waktu tertentu yaitu tentang bagaimana realisasinya dan jika terjadi kendala maka akan dipecahkan dan dicari solusi bersama demi menjaga kualitas pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran, informasi, dan masukan tentang manajemen pemasaran pendidikan bagi lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa, dan seluruh pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFatkuroji, FatkurojiUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyudi, WahyudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Pemasaran pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 05 Jul 2019 03:52
Last Modified: 05 Jul 2019 03:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9736

Actions (login required)

View Item View Item