Manajemen pengembangan kemampuan bahasa Arab siswi di MA. Mathali’ul Falah Kajen Pati

Fitriah, Anik (2019) Manajemen pengembangan kemampuan bahasa Arab siswi di MA. Mathali’ul Falah Kajen Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Upaya menyeimbangkan kemampuan bahasa Arab siswi, di MA. Mathali’ul Falah mendirikan lembaga pengembangan bahasa Arab. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan dibutuhkan proses manajemen yang baik dalam lembaga pengembangan bahasa Arab. karena manajemen sebagai salah satu faktor penentu ketercapaian tujuan lembaga. Penelitian ini mengambil permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan pengembangan kemampuan bahasa Arab siswi di MA. Mathali’ul Falah Kajen Pati?, 2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa Arab siswi di MA. Mathali’ul Falah Kajen Pati? dan 3) Bagaimana Evaluasi pengembangan kemampuan bahasa Arab siswi di MA. Mathali’ul Falah Kajen Pati?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data kepala LPBA, guru dan siswi. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) perencanaan pengembangan bahasa Arab meliputi penentuan kegiatan, anggaran, kebijakan dan strategi yang dirancang oleh kepala pengembangan bahasa dan pembantu direktur bidang pendidikan dan kurikulum dengan persetujuan direktur. 2) pelaksanaan pengembangan bahasa Arab dilaksanakan 1 hari dalam satu minggu serta di sela-sela pembelajaran, dan program ditujukan kepada siswi dan pendidik. Kegiatan pengembangan bahasa Arab siswi dilaksanakan secara formal dan informal. Pengorganisasian diserahkan kepada siswi yang terbentuk dalam organisasi qismu lajnah arabiyah di bawah bimbingan kepala pengembangan bahasa Arab. 3) evaluasi pengembangan bahasa Arab dilaksanakan secara formal dan informal. evaluasi formal hanya untuk daurah arabiyah melalui tes tertulis dan lisan sedangkan untuk informal hanya berupa laporan pertanggungjawaban setelah pelaksanaan kegiatan. Rekomendasi: perlu ada kerja sama pada masing-masing pesantren yang terdapat siswi MA. Mathali’ul Falah sehingga program bisa terlaksana dengan waktu yang tidak terbatas dan dapat terlaksana di luar lingkungan sekolah dengan harapan tujuan tercapai secara maksimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSyukur, FatahUNSPECIFIED
Thesis advisorDanusiri, DanusiriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Pengembangan bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 05 Jul 2019 03:54
Last Modified: 05 Jul 2019 03:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9738

Actions (login required)

View Item View Item