Evaluasi kebijakan program full day school di SMP IT Robbani Kendal

Kurniasih, Upik Dwi (2019) Evaluasi kebijakan program full day school di SMP IT Robbani Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Upik Dwi Kurniasih___1403036082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Evaluasi Kebijakan Program Full Day School di SMP IT Robbani Kendal. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan kebijakan program full day school di SMPIT Robbani Kendal, (2) Bagaimana evaluasi dari penerapan kebijakan program full day school di SMPIT Robbani Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP IT Robbani Kendal. Penelitian ini menggunakan model CIPP, yaitu Context, Input, Process, dan Product sebagai alat melakukan evaluasi. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data obsevasi, wawancara, serta dekomentasi. Sedangkan dalam proses analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Dari komponen context, regulasi, analisis kebutuhan, kurikulum dan tujuan program full day school sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017. 2) Dari komponen input, menunjukan bahwa input, SDM, sarana prasarana dan pendanaan sudah dalam kategori baik dan cukup memadai. Sedikit catatan pada input sarana prasarana perlu ditingkatkan seperti salah satunya lab komputer yang kurang perawatannya, metode dan strategi belajar yang digunakan guru harus lebih bervariasi, guru lebih intensif dalam memotivasi peserta didik agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk memacu prestasi dan menggali potensi bakatnya. 3) Dari komponen process, dari manajemen sekolah sebagai kepala sekolah sudah melaksanakan fungsi manajemennya dengan kategori baik sekali. Dari manajemen pembelajaran, guru sudah menyusun RPP sesuai standar, sistem penyelenggaraan pendidikan di SMPIT Robbani Kendal menggunakan sistem paket, yaitu sistem penyelenggaraan program yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku di SMPIT Robbani Kendal, adanya antusias dari peserta didik. 4) Dari komponen Product, program sudah berjalan dengan baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFatkuroji, FatkurojiUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman, MustofaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pendidikan; Kebijakan pendidikan; Full Day School
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 05 Jul 2019 04:00
Last Modified: 05 Jul 2019 04:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item View Item