Peran guru kelas dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa : studi kasus di kelas II Umar MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun 2017/2018

Rosyidah, Iffah (2019) Peran guru kelas dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa : studi kasus di kelas II Umar MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of PDF FULL.pdf]
Preview
Text
PDF FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti peran guru kelas dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II Umar MI Darul Ulum Wates Ngaliyan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai adakah peran guru kelas dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan?. Permasalahan tersebut diteliti dan kemudian data disajikan dengan analisis deskriptif.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahapan yaitu: reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat peran guru kelas II Umar MI Darul Ulum Wates Ngaliyan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan ditunjukkan dengan adanya penggunaan variasi metode pembelajaran dan pengelolaan kelas, diantaranya adalah metode diskusi, metode ceramah, card sort, reading aloud, reading guide. Sedangkan pengelolaan kelas dengan memvariasikan formasi huruf U, formasi lingkaran, formasi corak tim, kelas tradisional. Selain itu guru juga memotivasi peserta didik dengan memberikan dorongan untuk selalu aktif dalam menjawab soal maupun aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, guru memberikan dukungan kepada peserta didik untuk giat belajar, guru memberikan pujian, guru memberikan hadiah, guru memberikan nilai sebagai simbol atas keberhasilan peserta didik.
Penelitian ini memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan profesionalitas guru, sehingga guru dapat membawa perannya sebagai organisator dengan baik sehingga mudah dalam penciptaan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Guru; Pembelajaran efektif; Strategi pembelajaran; Suasana pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 05 Jul 2019 04:02
Last Modified: 29 May 2021 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9744

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics