Pengaruh metode garismatika terhadap prestasi belajar siswa kelas III pada pembelajaran matematika materi pokok perkalian di MI Negeri 04 Brebes

Khairunnisa, Dikna Faradilla (2019) Pengaruh metode garismatika terhadap prestasi belajar siswa kelas III pada pembelajaran matematika materi pokok perkalian di MI Negeri 04 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI JADI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI JADI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan masih sederhana, kurangnya perhatian anak saat pembelajaran, dan kemauan belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode garismatika terhadap prestasi belajar siswa kelas III pada pembelajaran Matematika materi pokok perkalian di MI Negeri 04 Brebes. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MIN 04 Brebes. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini Nonequivqlent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas Eksperimen. Teknik pegumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Kelas eksperimen dalam pembelajarannya menggunakan metode garismatika dan kelas kontrol dalam pembelajarannya tidak menggunakan metode garismatika. Dari data akhir yang diperoleh bahwa rata-rata kelompok eksperimen X ̅_1= 76,54 dan rata-rata kelompok kontrol X ̅_2= 63,70, n_1 = 27 dan n_2 = 26 diperoleh t_hitung = 4,03 dengan α=5% dan dk = 51 diperoleh t_tabel = 1,675. Karena t_hitung>t_tabel maka Ho ditolak dan H_a diterima. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan metode garismatika dan pembelajaran tanpa menggunakan metode garismatika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Garismatika; Prestasi belajar; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 01:51
Last Modified: 29 May 2021 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9747

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics