Nilai Cooperative Learning dalam Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar (Studi kasus di Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang)
Fitriah, Hanik (2012) Nilai Cooperative Learning dalam Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar (Studi kasus di Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711009_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083711009_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
083711009_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (112kB) | Preview
083711009_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
083711009_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (129kB) | Preview
083711009_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
083711009_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas nilai Cooperative Learning dalam Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perkuliahan praktikum yang lebih dikenal dengan pembelajaran secara berkelompok atau Cooperative Learning, akan tetapi dalam pelaksanaannya terkadang tidak sesuai dengan prinsip dasar kooperatif. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah pelaksanaan Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang? (2) Apa sajakah nilai Cooperative Learning dalam pelaksanaan perkuliahan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di laboratorium Kimia Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Pelaksanaan praktikum di laboratorium tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan perkuliahan praktikum Kimia Dasar dan nilai Cooperative Learning dalam pelaksanaan perkuliahan praktikum Kimia Dasar di Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Semua data di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Desain pelaksanaan perkuliahan praktikum Kimia Dasar di Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terbagi menjadi enam fase yaitu: menyampaikan tujuan dan mempersiapkan mahasiswa, menyajikan informasi, mengorganisir mahasiswa ke dalam tim-tim belajar, membantu kerja tim dan belajar, mengevaluasi, dan memberikan pengakuan atau penghargaan dan hukuman. Dari keenam fase tersebut sebenarnya masih banyak hal yang harus dikerjakan dalam pelaksanaan praktikum Kimia Dasar untuk menjadi lebih ideal. Tetapi paling tidak secara prinsip perkuliahan, manual atau prosedur perkuliahan sudah berjalan sebagaimana mestinya. (2) Nilai Cooperative Learning dalam pelaksanaan perkuliahan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang adalah sebagai berikut: saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, interaksi promotif, komunikasi antar anggota, dan pemrosesan kelompok. Dalam pelaksanaan perkuliahan Kimia Dasar kelima nilai tersebut secara prinsip sebenarnya sudah berlangsung secara penuh. Hanya saja, mengenai aspek nilai pemrosesan kelompok masih terlihat belum bisa dipraksiskan sebagaimana mestinya dalam perkuliahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning; Kimia Dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 07:25 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 07:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/975 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year