Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap pemahaman mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi akhir hayat Rasulullah pada siswa kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh, Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Liyani, Vety Andri (2019) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap pemahaman mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi akhir hayat Rasulullah pada siswa kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh, Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Akhir Hayat Rasulullah Pada Siswa Kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa dan kurangnya pemahaman dalam pelajaran SKI. Hal ini disebabkan karena pelajaran SKI dianggap sulit untuk dipahami karena materi pelajaran SKI yaitu tentang masa lalu dan dalam proses belajar mengajar masih menggunakan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab), hal ini mengakibatkan para siswa mudah bosan karena pembelajaran seperti itu terus menerus dan tidak menggunakan metode lain. Skripsi ini memiliki tujuan, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap pemahaman mata pelajaran SKI materi akhir hayat Rasulullah pada kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis Kuantitatif eksperimen, dengan desain prettes-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi menjadi empat kelas. Dan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan simple random sampling, yaitu memilih dua kelas dari empat kelas yang menjadi populasi. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, sedangkan yang kelas VI B sebagai kelas ujicoba. Berdasarkan hasil penelitian yang akan menjawab permasalahan yang diangkat oleh peneliti, yaitu: apakah model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh terhadap pemahaman mata pelajaran SKI materi akhir hayat Rasulullah kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh, Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan membandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 7, 0396 dan t_tabel = 2,0086. Karena t_hitung>t_tabel dengan dk 50 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran dengan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran model TSTS sebesar 85, 28 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional sebesar 69, 52. Dari penguji hipotesis dan nilai rata-rata kedua kelas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konvensional tipe two stay two stray (TSTS) berpengaruh terhadap pemahaman mata pelajaran SKI materi akhir hayat Rasulullah pada siswa kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh kec. Tembalang Kab. Semarang. Simpulan ini semoga dapat bermanfaat bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan bermanfaat bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan bermanfaat untuk siswa dalam kegiatan proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFarih, AminUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, TitikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran sejarah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:00
Last Modified: 13 Jul 2019 02:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9753

Actions (login required)

View Item View Item