Studi Kompetensi Guru Kimia dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di MA Abadiyah Gabus Pati

Kartini, Kartini (2012) Studi Kompetensi Guru Kimia dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di MA Abadiyah Gabus Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083711011_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711011_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711011_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711011_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711011_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711011_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711011_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran kimia dan kompetensi guru kimia dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran kimia di MA Abadiyah? (2) Bagaimanakah kompetensi guru kimia dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di MA Abadiyah Gabus Pati? Permasalahan ini dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Abadiyah Gabus Pati dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan teknik triangulasi. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik triangulasi teknik (wawancara semi terstruktur, Observasi, dan dokumentasi) dan triangulasi sumber (Guru kimia dan Kepala Madrasah). Data dianalisis dengan pendekatan femenologis dan analisis deskriptif . Dari hasil penelitian tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran kimia di MA Abadiyah Gabus Pati adalah sebagai berikut: 1. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran kimia di MA Abadiyah meliputi evaluasi kognitif, evaluasi afektif dan evaluasi psikomotorik. Evaluasi kognitif dilakukan dengan teknik tes berupa tes tertulis. Dalam evaluasi kognitif yang meliputi menentukan teknik evaluasi, menyusun instrumen, pelaksanaan evaluasi, pengolahan dan penafsiran hasil evaluasi serta membuat laporan hasil evaluasi dilakukan oleh guru kimia dengan cukup baik. Sedangkan untuk evaluasi afektif dan psikomotorik dilakukan dengan teknik non tes berupa pengamatan sikap dalam pembelajaran dan keterampilan dalam praktikum. akan tetapi dalam pengamatan untuk evaluasi afektif ataupun psikomotorik tidak ada pedoman pengamatan dan penskoran sehingga pelaksanaan evaluasi afektif dan psikomotorik di kategorikan kurang baik. 2. Kemampuan guru kimia di MA Abadiyah dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran meliputi (1) menyusun perencanaan evaluasi (menentukan tujuan, teknik evaluasi, aspek-aspek yang akan dievaluasi, dan tolak ukur, (2) menyusun soal seperti membuat soal sendiri, membuat kisi-kisi soal, dan menyiapkan kunci jawaban (3) mengolah dengan MS Excel dan menganalisis instrumen evaluasi baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Instrumen dilakukan dengan analisis kualitatif saja seperti kesesuaian soal dengan materi, penulisan soal dan bahasa yang komunikatif, serta (4) menindaklanjuti hasil evaluasi dengan baik. Oleh karena itu, kompetensi guru kimia di MA Abadiyah dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dapat dikategorikan baik. Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran akan lebih baik lagi apabila guru Kimia di MA Abadiyah lebih memperhatikan kembali pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan selalu membuat kisi-kisi butir soal agar isi yang dimaksud di dalam soal lebih terarah dan sesuai dengan tujuan, menganalisis data evaluasi dengan kuantitatif dan menyusun profil kemajuan kelas supaya guru dapat mengidentifikasi kembali kelemahan dan kekuatan komponen pembelajaran. Dan untuk kepala madrasah agar selalu memperhatikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengontrol setiap laporan hasil evaluasi dan juga ikut berpartisipasi dalam peningkatan kompetensi guru Kimia dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru; Evaluasi Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 07:27
Last Modified: 16 Dec 2013 07:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item