Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif inside-outside circle (IOC) terhadap kemampuan pemahaman konsep akidah akhlak materi kalimat thayyibah siswa kelas III di MIN Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Ulfa, Nafisatul Laila (2018) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif inside-outside circle (IOC) terhadap kemampuan pemahaman konsep akidah akhlak materi kalimat thayyibah siswa kelas III di MIN Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Inside-outside circle adalah model pembelajaran dengan sistem lingkaran kecil dan lingkaran besar yang diawali dengan pembentukan kelompok besar dalam kelas yang terdiri dari kelompok lingkaran dalam dan kelompok lingkaran luar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif inside-outside circle (IOC) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Sampel pertama berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sampel kedua berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Inside-Outside Circle. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 78,44 dan kelas kontrol = 67,81. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan diperoleh thitung = 2,077 dan ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Artinya bahwa kemampuan pemahaman siswa pada kedua kelas tersebut berbeda. Hal ini menandakan bahwa pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran kooperatif Inside-Outside Circle lebih berpengaruh pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif Inside-Outside Circle lebih baik digunakan untuk pembelajaran pemahaman konsep Akidah Akhlak di MIN Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFarih, AminUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, TitikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Inside-Outside Circle; Pembelajaran akidah akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:14
Last Modified: 13 Jul 2019 02:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9763

Actions (login required)

View Item View Item