Efektivitas strategi peer lessons berbantu media flash card terhadap keterampilan menghafal surat Al-Lahab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang tahun ajaran 2017/2018

Istifaiyah, Sella Khoirul (2019) Efektivitas strategi peer lessons berbantu media flash card terhadap keterampilan menghafal surat Al-Lahab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi peer lessons merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif yang baik digunakan untuk menumbuhkan semangat dan kemauan peserta didik untuk mengajarkan materi kepada temannya. Pada strategi peer lessons dianjurkan untuk menggunakan media yang relevan, pada penelitian ini menggunakan media flash card sebagai penunjang tersampaikannya sebuah materi. Strategi peer lessons berbantu media flash card merupakan salah satu alternatif untuk melakukan suatu pembelajaran terkhusus dalam mengembangkan keterampilan menghafal surat beserta arti. Lebih banyak siswa tidak menghafal menyeluruh dari suatu surat melainkan hanya ayat dari surat yang dihafal. Berdasarkan hal tersebut penelitian pembelajaran di MI Miftahul Akhlaqiyah kelas IV menggunakan strategi peer lessons berbantu media flash card untuk menghafal materi surat, yaitu surat al-Lahab beserta arti. Dengan memilih strategi beserta media tersebut, maka akan membantu siswa mengembangkan keterampilan menghafal surat al-Lahab pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV, tidak hanya ayat namun juga arti dari surat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi peer lessons berbantu media flash card terhadap keterampilan menghafal surat al-Lahab pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 66 anak. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik, karena data yang diperoleh berupa angka-angka. Adapun pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil thitung>ttabel yaitu 4,325 > 1,669. Dari hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa thitung berada di daerah penerimaan Ha sehingga Ho ditolak, dengan demikian pembelajaran menggunakan strategi peer lessons berbantu media flash card efektiv terhadap keterampilan menghafal surat al-Lahab.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRozi, FakrurUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, TitikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Peer lessons; Media pembelajaran; Flash card; Keterampilan menghafal Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:23
Last Modified: 13 Jul 2019 02:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9769

Actions (login required)

View Item View Item