Pengaruh metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak pelajaran bahasa Arab materi الادوات المدرسية siswa kelas IV MI Islamiyah Keputon Blado Batang tahun ajaran 2017/2018

Khasanah, Risqiyatul (2019) Pengaruh metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak pelajaran bahasa Arab materi الادوات المدرسية siswa kelas IV MI Islamiyah Keputon Blado Batang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Risqiatul Khasanah___1403096063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh penggunaan metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak siswa. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan berpengaruh atau tidaknya metode. Pengaruh Metode Permainan Bisik berantai terhadap Keterampilan Menyimak pelajaran bahasa Arab Materi الادوات المدرسية Siswa Kelas IV MI Islamiyah Keputon Blado Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Keputon Blado Batang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa dan dokumentasi untuk memperoleh nama-nama siswa serta memperoleh data tentang hasil kerja peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV MI Keputon Blado Batang berupa jawaban soal pretest dan potstest serta gambaran proses pembelajaran di kelas. Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% thitung = 3,232 dan ttabel = 2.011.Karena thitung > ttabel, maka prestasi dalam keterampilan menyimak peserta didik yang menggunakan metode permainan bisik berantai lebih baik dari peserta didik yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 78,40 dan kelas kontrol = 64,80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam keterampilan menyimak siswa yang menggunakan metode permainan bisik berantai dari pada keterampilan menyimak siswa yang menggunakan metode konvensional pada materi الادوات المدرسية kelas IV MI Islamiyah Keputon Blado Batang Tahun Ajaran 2017/2018.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorUbaidillah, UbaidillahUNSPECIFIED
Thesis advisorMufidah, MufidahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Permainan bisik berantai; Keterampilan menyimak; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:30
Last Modified: 13 Jul 2019 02:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9770

Actions (login required)

View Item View Item