Efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat Al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-kafirun pada siswa kelas II MI Miftahul Huda Tayu Pati tahun pelajaran 2018/2019

Wildania, Arih (2019) Efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat Al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-kafirun pada siswa kelas II MI Miftahul Huda Tayu Pati tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Arih Wildania__1403096065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-Kafirun pada siswa kelas II MI Miftahul Huda Tayu Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran konvensional atau bisa disebut dengan metode ceramah dan komunikasi satu arah. Pembelajaran yang dilakukan pada saat guru memberikan materi menghafal, guru hanya memberikan contoh cara melafalkan dan meminta peserta didik untuk menghafal sendiri. Sehingga peserta didik menjadi pasif, kurang bersemangat dan hasil belajar menjadi kurang optimal. Metode takrir adalah cara menghafal dengan mengulang-ulang hafalan atau men-sima’-kan hafalan yang pernah dihafalkan atau sudah pernah di-sima’-kan kepada seorang guru. Takrir dimaksudkan agar hafalan yang pernah dihafal terjaga dengan baik. Selain dengan guru, takrir juga dapat dilakukan sendiri dengan maksud melancarkan hafalan yang telah dihafal sehingga tidak mudah lupa. Adanya metode takrir berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an tersebut menjadikan peserta didik lebih aktif, konsentrasi, dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-Kafirun pada siswa kelas II MI Miftahul Huda Tayu Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian tersebut merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda Tayu Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi yaitu seluruh kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikan = 5% diperoleh t_hitung= 5,697 dan t_(ta歧el.) = 1,667. Karena t_hitung>t_(tabel.) Maka Ho ditolak dan Ha diterima bahwa ada perbedaan yang signifikan antara metode takrir berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an dengan metode konvensional. Adapun hasil perhitungan n-gain pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test sebesar 62,92 dan rata-rata post-test sebesar 80,69 sehingga diperoleh gain 0,47 yang berarti bahwa memiliki peningkatan hasil belajar kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an efektif terhadap keterampilan menghafal surah Al-Kafirun.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRozi, FakrurUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, TitikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Takrir; Media pembelajaran; Papan tempel; Keterampilan menghafal Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:31
Last Modified: 13 Jul 2019 02:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item