Pengaruh metode classwide peer tutoring (CPT) terhadap pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam materi kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun ajaran 2017/2018

Balighoh, Ana Farkhatul (2019) Pengaruh metode classwide peer tutoring (CPT) terhadap pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam materi kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Anna Farkhatul Balighoh___1403096077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di MI NU 33 Johorejo Kendal masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penyebabnya adalah kurang bervariasinya metode yang digunakan guru, sehingga siswa cenderung bosan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Classwide Peer Tutoring (CPT) berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA materi Kenampakan permukaan Bumi di kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil analisis posttest menggunakan uji t diperoleh thitung = 8,206 dan ttabel = 1,682. Maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Pada kelas eksperimen nila rata-ratanya adalah 89,7727 dan kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 69,5455. Kesimpulan yang didapat adalah rata-rata kemampuan pemahaman konsep IPA materi kenampakan permukaan Bumi pada siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Gemuh Kendal yang menggunakan metode Classwide Peer Tutoring (CPT) lebih baik dibanding dengan kelas yang menggunakan metode konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHidayah, MalikhatulUNSPECIFIED
Thesis advisorSudarmanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Classwide Peer Tutoring (CPT); Pembelajaran sains; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:48
Last Modified: 13 Jul 2019 02:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9781

Actions (login required)

View Item View Item