Implementasi metode reading aloud dan drill dalam pembelajaran baca tulis Qur’an (BTQ) pada siswa kelas 2 di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang tahun 2018

Shoimah, Ni'matus (2019) Implementasi metode reading aloud dan drill dalam pembelajaran baca tulis Qur’an (BTQ) pada siswa kelas 2 di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi metode reading aloud dan drill dalam pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) pada siswa kelas 2 di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) dengan bantuan metode reading aloud dan drill.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, guru kelas 2 dan siswa siswi kelas 2 di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, kategorisasi, dan sintesis. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang mengatakan bahwa: 1) implementasi metode reading aloud dalam pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) di MI Walisongo Jerakah Tugu semarang sangat efektif. Terlihat pada minat membaca siswa dalam pembelajaran BTQ. 2) Implementasi metode drill dalam pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) memiliki hasil yang bagus. Metode drill membantu siswa dalam melatih menulis, keterampilan menulis dan kemampuan menulis huruf-huruf Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Baca Tulis Qur’an (BTQ); Reading aloud; Metode drill
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:53
Last Modified: 29 May 2021 03:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9785

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics