Pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap membaca intensif mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Miftakhul Akhlaqiyyah Beringin tahun pelajaran 2018/2019

Andartiani, Kinanti (2018) Pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap membaca intensif mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Miftakhul Akhlaqiyyah Beringin tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Kinanti Andartiani___1403096113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di MI Miftakhul Akhlaqiyyah Bringin tempat pembelajaran berlangsung. Siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam kemampuan membaca intensif agar tercipta pembelajaran aktif dan menyenangkan. Selain itu siswa juga dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan saling bekerja sama dalam menyampaikan jawaban dari suatu permasalahan. Model pembelajaran tersebut dianggap cocok untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas III MI Miftakhul Akhlaqiyyah Bringin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IIIA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa dokumentasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas IIIA (kelas kontrol) adalah 67,11 dengan standar deviasi (s) 10,33 sementara rata-rata nilai kelas IIIB (kelas eksperimen) adalah 79,37 dengan standar deviasi (s) 9,76. Dari analisis data akhir dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Miftakhul Akhlaqiyyah Bringin. Dengan diperoleh data akhir = 4,482 dan =

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorTarwiyah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorZulaikhah, ZulaikhahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); Kemampuan membaca; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Jul 2019 00:46
Last Modified: 18 Jul 2019 00:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9791

Actions (login required)

View Item View Item