Studi deskripsi problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik tema cita-citaku kelas IV semester 2 pada kurikulum 2013 di MI Miftakhul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2018/2019

Laela, Lisna (2019) Studi deskripsi problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik tema cita-citaku kelas IV semester 2 pada kurikulum 2013 di MI Miftakhul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik tema cita-citaku yang dilatar belakangi oleh pelaksanaan kurikulm 2013 yang harus didukung oleh kesiapan guru, sarana dan prasarana yang memadai dan adanya inovasi dan kreasi seorang guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan mengenaipelaksanaan model pemebelajaran tematik tema cita-citaku kelas IV semester 2 pada kurikulum 2013, problematika guru dalam menerapkam model pembelajaran tematik dan solusi untuk mengatasi adanya problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di MI Miftakhul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang sudah dilaksanakan sesui dengan ketentuan, karena dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. namun belum maksimal. Guru dalam menyampaikan pembelajaran masih terdapat kendala yang dialami guru dan membuat pembelajaran kurang maksimal. Namun dari guru dan sekolah tetap berusaha sebaik mungkin untuk melaksanakan model pembelajaran tematik [ada kurikulum 2013 yang sudah menjadi ketetapan. Kendala atau problem tersebut yaitu dalam tahap perencanaan, kurangnya kesiapan guru dan sekolah dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang kurang memadai, dalam tahap pelaksanaan, kurangnya siswa dalam menerima model pembelajaran tematik, dan dalam hal penilaian, karena penilaian pada model pembelajaran tematik berbeda dari kurikulum sebelumnya, sehingga guru masih mengalami kesulitan. Dari adanya kendala-kendala tersebut juga terdapat solusi yang dapat mengurangi adanya kendala yang dialami oleh guru. Solusi yang dilakukan seperti adanya komunikasi dan kerja sama yang baik dari guru dengan kepala madrasah, guru dengan sesama guru, guru dengan siswa untuk meningkatkan mutu pengetahuan yang dimiliki oleh guru. Selain itu, dari pihak madarsah mengadakan pelatihan-pelatihan khusus untuk guru-guru dalam meningkatkan pengetahuan guru dalam penggunaan IT dan dalam meningkatkan pengetahuan guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHidayati, AniUNSPECIFIED
Thesis advisorSutiyono, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kurikulum 2013; Pembelajaran tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Jul 2019 00:51
Last Modified: 18 Jul 2019 00:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item View Item