Implementasi pengembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Huda Semarang

Retnosari, Dikfa Ardela (2019) Implementasi pengembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIKFA YES.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun pendidikan agama moral yang diberikan pada masa usia dini berdasarkan Permendikbud No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia dini. Dimana tingkat pencapaian perkembangan anak aspek nilai agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun antara lain: mengetahui agama yang dianutnya, meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar, mengucapkan do’a sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku baik/sopan dan buruk, membiasakan diri berperilaku baik, mengucapkan salam dan membalas salam. Dengan begitu diharapkan pembelajaran tersebut akan membawa pengaruh dalam perilaku anak sehari-hari. Untuk dapat menciptakan anak yang shaleh dan shalehah, guru tidak cukup hanya memberikan prinsip saja, karena yang lebih penting bagi anak adalah figur yang memberikan keteladanan dalam menerapkan prinsip tersebut. Sehingga sebanyak apapun prinsip yang diberikan tanpa disertai dengan contoh teladan, ia hanya akan menjadi suatu kumpulan resep yang tidak ada maknanya. Peneliti mengambil fokus penelitian: 1) Bagaimanakah implementasi pengembangan Nilai Agama dan Moral pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Huda Gunungpati Semarang? 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi pengembangan Nilai Agama dan Moral pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Huda Gunugpati Semarang? Dari segi metode pembelajaran yang digunakan untuk pelaksanaan pengembangan nilai agama dan moral pihak RA Nurul Huda Gunungpati sudah dilaksanakan dengan menggunakan metode yang bervariasi dan disesuaikan dengan materi yang disampaikan, metode yang digunakan meliputi metode pemberian tugas, eksperimen, bermain peran, demonstrasi, sosio drama, dramatisasi dan tanya jawab, sedangkan untuk teknik pembelajaran yang digunakan yaitu praktek langsung melalui pembiasaan, teknik menyanyi dan pembelajaran konstekstual.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMursid, MursidUNSPECIFIED
Thesis advisorMuslam, MuslamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Pendidikan moral; Pendidikan Islam anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Jul 2019 00:54
Last Modified: 18 Jul 2019 00:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9796

Actions (login required)

View Item View Item