Peningkatan aspek sosial anak melalui metode bermain peran siswa kelompok B Arrohman di TK Permatasari Desa Duwet Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Kota Semarang

Sari, Vita Isnaini Nila (2019) Peningkatan aspek sosial anak melalui metode bermain peran siswa kelompok B Arrohman di TK Permatasari Desa Duwet Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aspek sosial melalui kegiatan bermain peran pada siswa kelompok B Arrohman di TK Permatasari Desa Duwet Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan karena ada permasalahan dalam aspek sosial anak kelompok B di Tk Permatasari Desa Duwet Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian yantg digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru atau teman sejawat. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 18 anak. Objek penelitian ini adalah aspek sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah adalah pedoman observasi. Tehnik analisis data dilakukan secara deskriptif vkualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75% dari 18 anak memiliki aspek sosial dengan kriteria baik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan aspek sosial yang dilakukan melalui stimuolasi anak untuk paham dan taat pada aturan dan stimulasi agar anak sabar menunggu giliran. Pada saat dilakukan observasi hasil penelitian dapat diketahui dari pengamatan perkembangan pada tiap siklus yaitu kondisi pra siklus sebesar 20,53% dan masih berada kurang dari indicator keberhasilan yang ditentukan. Hasil tindakan penelitian siklus I sebesar 31% dengan peningkatan sebesar 10,47% dan menunjukkan peningkatan berada pada kriteria cukup. Hasil tindakan siklus II sebesar 83% dan meningkat sebesar 52%, sudah berada pada kriteria sangat baik berdasarkan pada indikator keberhasilan yang sudah ditentukan.dan pelaksanaan penelitian dihentikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIED
Thesis advisorMuthohar, SofaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Aspek Sosial; Bermain peran; Pendidikan Islam anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:09
Last Modified: 20 Jul 2019 02:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9799

Actions (login required)

View Item View Item