Efektivitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati tahun pelajaran 2018/2019

Mujtahidah, Luthfi (2019) Efektivitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih materi Sujud diluar shalat (Sujud Tilawah), Puasa dan Zakat masih rendah dan belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana keefektifan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada kelas VIII M.Ts. Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati Tahun Ajaran 2018/2019. Efektivitas pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen, dengan desain post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terbagi menjadi tiga kelas dengan menggunakan cluster random sampling, yaitu memilih dua kelas dari tiga kelas yang menjadi populasi. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai ulangan harian. Setelah itu kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pengelolaan kelas, dan kelas kontrol tidak menggunakan pengelolaan kelas. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu kelas analisis uji-t tes. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post-test) kelompok yang menggunakan pengelolaan kelas adalah 79,40, sedangkan rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan pengelolaan kelas adalah 76,80. berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa =2,809 dengan = 1,677 dengan tarafnya sebesar 5%. Karena t_(hitung ) ≥ t_(tabel )maka H_a diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan pengelolaan kelas dengan tidak menggunakan pengelolaan kelas. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pengelolaan kelas efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas VIII M.Ts. Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa penggunaan pengelolaan kelas efektif terhadap hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorShodiq, ShodiqUNSPECIFIED
Thesis advisorWahid, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas; Hasil belajar; Fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:50
Last Modified: 20 Jul 2019 02:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9816

Actions (login required)

View Item View Item