Studi komparasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren tahun ajaran 2018/2019

Atqiya, Lu'lu'ul (2019) Studi komparasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
PDF FIX.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII yang tinggal di pondok pesantren di MTs NU Nurul Huda Mangkangkulon (2) hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII yang tidak tinggal di pondok pesantren di MTs NU Nurul Huda Mangkangkulon (3) adakah perbedaan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas VIII antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren di MTs NU Nurul Huda Mangkangkulon. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik komparasi, yaitu dengan membandingkan dua hal yang sesuai dengan kajian topik penelitian yang diteliti, kemudian ditarik kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 229 siswa, karena lebih dari 100 maka diambil sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga ditemukan sampel 70 siswa. Selanjutnya dari 70 siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 35 siswa yang tinggal di pondok pesantren dan 35 siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII yang tinggal di pondok pesantren dan yang tidak tinggal di pondok pesantren, serta dokumentasi untuk mendapatkan data dari nilai rapor hasil belajar Aqidah Akhlak kelas VIII siswa yang tinggal di pondok pesantren dan yang tidak tinggal di pondok pesantren serta gambaran umum sekolah MTs NU Nurul Huda mangkangkulon. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t-test. Pengujian penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII yang tinggal di pondok pesantren dapat dikategorikan baik, yaitu dengan nilai rata-rata 73,31. (2) Prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII yang tidak tinggal di pondok pesantren dapat dikategorikan cukup, yaitu dengan nilai rata-rata 66,08. (3) Terdapat perbedaan hasil beajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII antara yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tidak tinggal di pondok pesantren. Ditunjukkan oleh rumus t-test dimana nilai t_0 = 4,29 lebih besar dari t_tabel (df = 68) pada taraf signifikansi 1% = 2,38245 dan pada taraf signifikansi 5% = 1,66757. Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada pihak Pondok Pesantren, kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat sekitar agar dapat membimbing, mengarahkan, dan memenuhi kebutuhan pembelajaran Aqidah akhlak bagi siswa yang tinggal di pondok pesantren maupun siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSyukur, FatahUNSPECIFIED
Thesis advisorMuthohar, SofaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Aqidah akhlak; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:55
Last Modified: 20 Jul 2019 02:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9821

Actions (login required)

View Item View Item