Analisis nilai-nilai pendidikan ibadah dalam kitab Nashoihul Ibad karya Syaikh Nawawi al-Bantani

Warjono, Warjono (2019) Analisis nilai-nilai pendidikan ibadah dalam kitab Nashoihul Ibad karya Syaikh Nawawi al-Bantani. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nilai pendidikan ibadah adalah kualitas sesuatu yang berharga dan dijunjung tinggi dalam usaha mengembangkan potensi atau fitrah manusia dalam segala aspeknya dengan jalan beribadah kepada Allah agar menjadi manusia yang seutuhnya, selamat dan bahagia dunia dan akhirat. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana pendidikan ibadah dalam kitab Nashoihul ‘Ibad? 2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan ibadah yang terkandung dalam kitab Nashoihul ‘Ibad?. Adapun tujuan penulis mengangkut judul ini yaitu, agar manusia yang beriman menjalankan ibadah dengan baik, menambah pengetahuan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah. Dengan demikian, kita bisa menikmati nilai-nilai tersebut ketika sedang menjalankan ibadah. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), sedangkan sumber data primer dari penelitian ini adalah kitab Nashaihul ‘Ibad dan sumber sekundernya adalah buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Syekh Nawawi adalah sosok nama yang sudah tidak asing lagi kita dengar terutama umat islam di seluruh Indonesia. Karya-karyanya sampai sekarang masih banyak dikaji, salah satunya yaitu kitab Nashoihul Ibad. Kitab ini berisi nasihat-nasihat yang sangat berguna untuk menjawab kebutuhan nilai-nilai kehidupan sehari-hari seorang muslim. Terdapat 1055 nasihat yang disusun secara numerik dan bersumber dari al-Quran, Hadis, dan ucapan para Sahabat dan ulama salaf. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa nilai-nilai pendidikan ibadah yang terkandung dalam kitab Nashoihul Ibad ada lima, yaitu: Nilai Religius yang bermanfaat untuk kesalehan tingkah laku dan penghambaan, Nilai Psikologis yang bermanfaat untuk menjaga kestabilan dan kesehatan jiwa seseorang, Nilai Fisiologis untuk menjaga fungsi anggota tubuh agar sesuai dengan fitrahnya, Nilai Medis berguna untuk menjaga kesehatan jasmani, dan Nilai Sosial untuk menjaga hubungan dengan orang lain atau masyarakat. Dari sini diharapkan umat Islam lebih bersemangat dalam beribadah, sehingga terbentuklah pribadi yang religius dan penuh dengan nilai-nilai kebaikan yang dapat membawa kepada kebahagiaan dunia dan akhirat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSuja'i, Suja'iUNSPECIFIED
Thesis advisorMustopa, MustopaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan ibadah; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:57
Last Modified: 20 Jul 2019 02:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9822

Actions (login required)

View Item View Item