Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mapel PAI Materi Pokok Pemahaman Puasa Ramadhan Melalui Penerapan Metode Card Sort (Studi PTK Pada Siswa Kelas V SDN 2 Trompo Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012)

Mursidah, Mursidah (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mapel PAI Materi Pokok Pemahaman Puasa Ramadhan Melalui Penerapan Metode Card Sort (Studi PTK Pada Siswa Kelas V SDN 2 Trompo Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111144_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111144_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111144_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111144_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111144_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111144_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111144_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (342kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji bagaimana upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa pada kelas V SDN 2 Trompo Kecamatan Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian yaitu minimnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa Ramadhan. Dengan begitu perlu menguji apakah dengan memakai metode yang bersifat student centered atau dapat active learning tidak seperti yang biasa dipakai oleh guru sebelumnya yaitu metode ceramah yang bersifat teacher centered. Dalam penelitian ini peneliti menguji dengan menggunakan metode pembelajaran card sort. Metode card sort termasuk bagian dari strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Tujuan dan fungsi dari penggunaan metode ini adalah untuk mengaktifkan setiap individu sekaligus kelompok (cooperative learning) dalam belajar. Dengan demikian dimungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Trompo Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian yaitu, “Apakah metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa Ramadhan kelas V SDN 2 Trompo Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2011/2012?” Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan bahwa setelah diterapkannya metode card sort dalam pembelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa. Perubahan yang terjadi yaitu sebagaimana urain berikut. Pada pra siklus keaktifan yang terekam dalam data senilai 54.20%, siklus I yaitu 60.34%, adapun pada siklus II berhasil meningkat drastis sebesar 85.70%. Pada tahap pra siklus jumlah siswa yang tuntas KKM hanya 7 anak atau 23,33%, pada siklus I yang mampu lulus yaitu 17 anak atau 56,66%, dan pada siklus II meningkat menjadi 27 anak yang lulus KKM atau 90% dari total siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa Ramadhan kelas V SDN 2 Trompo Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembelajaran card sort.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam; Pemahaman Puasa Ramadhan; Card Sort
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2013 08:24
Last Modified: 16 Dec 2013 08:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item View Item