Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mapel PAI Materi Pokok Pemahaman Puasa Melalui Metode Jigsaw (Studi Tindakan pada Kelas V SD Negeri 1 Ngilir Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal Tahun 2012)

Khomsatun , Khomsatun (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mapel PAI Materi Pokok Pemahaman Puasa Melalui Metode Jigsaw (Studi Tindakan pada Kelas V SD Negeri 1 Ngilir Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal Tahun 2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111147_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111147_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111147_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111147_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111147_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111147_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatkan motivasi belajar mata pelajaran PAI kelas V SDN 1 Ngilir Kecamatan Kendal pada tahun pelajaran 2011/2012. Yang melatarbelakangi penelitian adalah rendahnya keaktifan dalam pembelajaran PAI, kurangnya motivasi belajar siswa, dan nilai hasil belajar yang masih banyak yang belum tuntas KKM. Peneliti berinisiatif melakukan penelitian tindakan kelas dengan memakai metode yang bersifat student centered atau ative learning tidak seperti yang biasa dipakai oleh guru sebelumnya yaitu metode dengan ceramah yang teacher centered. Metode yang dipakai adalah metode jigsaw learning. Adapun yang menjadi rumusan masalah yaitu, “Bagaimana metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok pemahaman puasa kelas V SD Negeri 1 Ngilir Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal tahun 2012?” Rumusan masalah tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Dari hasil penelitian mengindikasikan peningkatan setelah digunakan metode jigsaw learning. Indikator peningkatan itu antara lain meningkatnya keaktifan kelas, meningkatnya motivasi belajar dan semangat siswa, serta meningkatnya hasil belajar siswa. Pada pra siklus keaktifan hanya 50,09%, pada siklus I yaitu 70.47% adapun pada siklus II adalah 88.28%. Pada aspek motivasi siswa pun mengalami peningkatan sama dengan aspek keaktifan. Pada pra siklus rata-rata motivasi yaitu 71.25%, siklus I yaitu 76.56%, sedangkan pada siklus II sebesar 85.70%. Nilai hasil belajar siswa juga demikian meningkat. Test pra siklus menemukan data anak yang lulus KKM hanya sebesar 25%. Pada siklus I jumlah siswa yang lulus meningkat 50%. Dan pada siklus II prosentase siswa yang lulus KKM mencapai 81.25%. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode jigsaw leaning pembelajaran mata pelajaran PAI kelas V SDN 1 Ngilir Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam; Pemahaman Puasa; Jigsaw
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.36 Special days of Islam. Saum Ramadhan
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2013 08:29
Last Modified: 16 Dec 2013 08:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item