Analisis Aspek Kognitif Peserta Didik Kelas XI pada Pembelajaran Titrasi Asam Basa di SMA NU 01 Al Hidayah Kendal

Mukharomah, Lailatul (2012) Analisis Aspek Kognitif Peserta Didik Kelas XI pada Pembelajaran Titrasi Asam Basa di SMA NU 01 Al Hidayah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083711027_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083711027_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (755kB) | Preview
[thumbnail of 083711027_Bab1.pdf]
Preview
Text
083711027_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 083711027_Bab2.pdf]
Preview
Text
083711027_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 083711027_Bab3.pdf]
Preview
Text
083711027_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 083711027_Bab4.pdf]
Preview
Text
083711027_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 083711027_Bab5.pdf]
Preview
Text
083711027_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 083711027_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083711027_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil penguasaana spek kognitif peserta didik kelas XI sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran Kimia materi pokok titrasi asam basa dengan metode praktikum berbasis material lokal di SMA NU 01 Al Hidayah Kendal.
Obyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA NU 01 Al Hidayah yang berlokasi di jalan Pahlawan 01 Kendal dengan jumlah peserta didik 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan yaitu mulai tanggal 1 Pebruari sampai dengan 2 Maret 2012.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Metode tes digunakan untuk pengambilan data peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran Kimia materi pokok titrasi asam basa dengan metode praktikum berbasis material lokal. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data-data peserta didik pada saat melakukan praktikum. Hasil analisis data didapatkan nilai rata-rata pencapaian penguasaan aspek kognitif peserta didik secara keseluruhan sebelum mengikuti pembelajaran kimia titrasi asam basa adalah 30% dengan kategori pencapaian kurang, sedangkan pencapaian penguasaan aspek kognitif peserta didik setelah pembelajaran adalah 70% dengan kategori pencapaian baik serta peningkatan pencapaian aspek kognitif secara keseluruhan sedang yaitu 55, 65%.
Nilai rata-rata pencapaian aspek kognitif peserta didik domain mengingat (C1) sebelum pembelajaran 40% dengan kategori pencapaian kurang, setelah pembelajaran nilai rata-rata pencapaian domain mengingat (C1) meningkat cukup baik yaitu 60% dengan nilai N-Gain 33,33%. Nilai rata-rata pencapaian domain memahami (C2) sebelum pembelajaran adalah 20% (kategori kurang), setelah pembelajaran menjadi 60% (cukup baik) dengan peningkatan pencapaian aspek kognitif domain memahami (C2) sebesar 50% (kategori pencapaian sedang). Sedangkan untuk nilai rata-rata pencapaian domain mengaplikasi (C3) sebelum pembelajaran hanya 0% (kategori sangat kurang) dan setelah pembelajaran nilai rata-rata meningkat menjadi 60% (kategori cukup baik) dengan pencapaian aspek kognitif domain mengaplikasi (C3) sebesar 60% dan merupakan kategori pencapaian sedang. Untuk nilai rata-rata pencapaian domain menganalisis (C4) sebesar0% (kategori sangat kurang) peningkatan pencapaian domain menganalisis (C4) sebesar 60% dengan kategori sedang.Peningkatan penguasaan domain aspek kognitif paling tinggi terjadi pada domain mengaplikasi (C3) dan menganalisis (C4) yaitus ebesar 60%, sedangkan peningkatan penguasaan domain aspek kognitif paling rendah adalah domain mengingat (C1) yaitu sebesar 33, 33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asam Basa; Metode Pembelajaran; Aspek Kognitif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Dec 2013 00:57
Last Modified: 17 Dec 2013 00:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics