Efektivitas penggunaan modul kimia berbasis POGIL: process oriented guided inquiry learning terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan

Jayanti, Nurmala (2019) Efektivitas penggunaan modul kimia berbasis POGIL: process oriented guided inquiry learning terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara guru kimia kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tegal diketahui bahwa kurangnya inovasi bahan ajar dan pembelajaran masih berpusat pada guru mengakibatkan kurang optimalnya pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik cenderung pasif. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa adalah modul yang berbasis POGIL. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif penerapan pembelajaran menggunakan modul kimia berbasis POGIL yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul terhadap pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan non-equivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Penelitian diawali dengan pretest kemudian diberikan treatment (pembelajaran metode ceramah dan tanya jawab pada kelas kontrol dan pembelajaran metode POGIL menggunakan modul kimia kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kelas eksperimen) dan diakhiri dengan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 70,929 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 38,5. Hasil uji perbedaan rata-rata dihasilkan thitung = 10,327 > ttabel = 0,68 dalam taraf signifikan 5%. Hal ini juga didukung hasil Ngain kelas eksperimen sebesar 0,631 (sedang) dan Ngain kelas kontrol sebesar 0,209 (rendah). Dengan demikian modul kimia berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan efektif meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tegal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMulyatun, MulyatunUNSPECIFIED
Thesis advisorFibonacci, AnitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran kimia; POGIL; Larutan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:17
Last Modified: 01 Aug 2019 08:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9906

Actions (login required)

View Item View Item