Pengembangan modul kimia berbasis multi level representasi dan unity of sciences pada pembelajaran materi termokimia kelas XI IPA MA NU Hasyim Asy’ari 2 Gebog Kudus

Husna, Nailal (2019) Pengembangan modul kimia berbasis multi level representasi dan unity of sciences pada pembelajaran materi termokimia kelas XI IPA MA NU Hasyim Asy’ari 2 Gebog Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada karakteristik peserta didik yang lebih suka belajar mandiri, beranggapan bahwa materi kimia itu sulit, tidak adanya sumber belajar kimia di sekolah yang basis multi level representasi kimia dan belum terlaksananya keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu agama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul kimia berbasis multi level representasi dan unity of sciences pada pembelajaran materi termokimia kelas XI IPA MA NU Hasyim Asy’ari 2 Gebog Kudus. Modul pembelajaran kimia ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Akan tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap develop, sehingga sudah menghasilkan produk yang layak. Pengembangan modul kimia berbasis multi level representasi dan unity of sciences mendapatkan masukan dari tiga ahli materi, dua ahli media. Hasil validasi dari ahli materi dan media terhadap modul hasil pengembangan mendapatkan kategori baik dengan persentase 82,80% dari ahli materi dan 83,75% dari ahli media. Hal ini diperkuat dengan respons peserta didik terhadap modul hasil pengembangan 79,8% (kelayakan baik). Hasil nilai pretest-posttest diukur menggunakan N-gain dengan skor peningkatan sebesar 0,74 (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik serta dapat ditindaklanjuti melalui penerapan di kelas besar untuk mengetahui keefektifan produk dalam pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorUdaibah, WirdaUNSPECIFIED
Thesis advisorHakim, FachriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Multi level representasi; Unity of sciences; Termokimia; Integrasi sains dan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:25
Last Modified: 01 Aug 2019 08:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9913

Actions (login required)

View Item View Item