Analisis korelasi nilai mata kuliah prasyarat pembelajaran mikro terhadap PChK (pedagogical chemistry knowledge) mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015

Nuraziz, Rizal (2019) Analisis korelasi nilai mata kuliah prasyarat pembelajaran mikro terhadap PChK (pedagogical chemistry knowledge) mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Salah satu program studi kependidikan di UIN Walisongo Semarang yang dapat menjembatani mahasiswa sebagai seorang pendidik adalah pendidikan kimia. Upaya penguasaan kompetensi mahasiswa calon pendidik kimia dilakukan dengan melalui mata kuliah pedagogik (mata kuliah prasyarat) agar mahasiswa calon pendidik kimia dapat meningkatkan Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) nya melalui mata kuliah praktik yaitu pembelajaran mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata PChK mahasiswa pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015 pada mata kuliah pembelajaran mikro serta mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara nilai mata kuliah prasyarat Pembelajaran Mikro terhadap Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) mahasiswa pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix-methods (kuantitatif dan kualitatif) dengan strategi analisis data triangulasi konkuren atau pengumpulan data dalam satu waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata ideal PChK mahasiswa pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015 sebesar 84 yang termasuk dalam kategori sedang. Nilai korelasi (rhitung) tertinggi pada taraf signifikansi 5% yaitu pada mata kuliah kimia dasar 1 dengan rhitung sebesar 0,504 yang termasuk dalam korelasi sedang, sedangkan nilai korelasi (rhitung) terendah pada taraf signifikansi 5% yaitu pada mata kuliah evaluasi pembelajaran dengan rhitung sebesar 0,316 yang termasuk dalam korelasi rendah, sedangkan hasil uji korelasi keseluruhan mata kuliah prasyarat Pembelajaran Mikro terhadap Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) pada taraf signifikansi 5% menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara mata kuliah prasyarat Pembelajaran Mikro terhadap Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK ) dengan rhitung sebesar 0,575 yang termasuk dalam korelasi sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa jurusan pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang telah membekali mahasiswanya dalam mengembangkan PChKnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFirmansyah, R. ArizalUNSPECIFIED
Thesis advisorFibonacci, AnitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran mikro; Pedagogical Chemistry Knowledge; Mahasiswa; Pendidikan kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:31
Last Modified: 01 Aug 2019 08:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9917

Actions (login required)

View Item View Item