Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran akhlak di Pondok Pesantren Fadllillah Sidoarjo

Usman, Errina (2018) Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran akhlak di Pondok Pesantren Fadllillah Sidoarjo. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_160011006_ERRINA_USMAN]
Preview
Text (TESIS_160011006_ERRINA_USMAN)
TESIS_160011006_ERRINA_USMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui makna internalisasi nilai. 2) Memahami dan mendeskripsikan pembelajaran akhlak di pondok pesantren Fadllillah, dengan merujuk pada kegiatan pembelajaran akhlak. 3) Mejelaskan internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran akhlak di pondok pesantren Fadllillah. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilakukan di pondok pesantren Fadllillah Sidoarjo, dengan menggunakan penelitian kulaitatif diskriptif, dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi (pengecekan data). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (memilah data), display data (penyajian data) dan verifikasi data (penarikan kesimpulan)
Kajian ini menghasilkan temuan: 1) Pembelajaran akhlak di pondok pesantren Fadllillah memiliki komponen-komponen meliputi tujuan pembelajaran akhlak, materi pembelajaran akhlak, metode pembelajaran akhlak, media pembelajaran akhlak, dan evaluasi pembelajaran akhlak. Tujuan pembelajaran akhlak pondok pesantren Fadllillah sesuai dengan visi pondok pesantren yaitu terbentuknya insan yang berbudi tinggi, berpengetahuan luas, berbadan sehat dan berpikiran bebas. Materi pembelajaran akhlak diantaranya Tafsir, Bulughul Maram, Khutbatul Arsy, Etiquette, Sholat Berjama’ah. Metode dalam pembelajaran metode diantaranya, sorogan, wetonan serta bandongan. Media pembelajaran akhlak di pondok pesantren menggunakan media yang sederhana berupa buku, kitab, alat peraga serta menitik beratkan pada penjelasan ustadz dan ustadzah. Evaluasi dalam pembelajaran akhlak di dalam kelas berupa imtihan dan evaluasi pembelajaran akhlak diluar kelas berupa evaluasi harian yang di laksanan oleh OPPF. Pembelajaran akhlak pada pondok pesantren Fadllillah telah menerapkan seluruh komponen pembelajaran.
2) Internalisasi nilai-nilai karakter Pondok Pesantren Fadllillah Sidoarjo terurai dalam pembelajaran akhlak yang disampaikan oleh ustadz dan ustadzah sebagai tahap transformasi nilai, dan komunikasi dua arah seusai materi disampaikan terjalin interaksi antara ustadz dan santri maka disebut dengan tahap transaksi nilai, serta perilaku ustadz yang dilihat santri menyesuaikan apa yang telah diajarkannya dan mampu dicontoh oleh santri merupakan tahap transinternalisasi nilai, melalui tahap-tahap tersebut internalisasi nilai tersalurkan dan terakomodir dengan baik, nilai-nilai yang terinternalisasikan meliputi delapan belas nilai-nilai karakter yang terinternalisasikan dalam pembelajaran akhlak di dalam kelas, diluar kelas dan pembelajaran akhlak dalam aspek pembiasaan. Dalam penelitian ini ditemukan nilai yang dominan dalam pembelajaran akhlak di pondok pesantren Fadllillah yaitu nilai religius juga nilai toleransi, dilanjutkan dengan nilai tanggung jawab dan nilai disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Pendidikan karakter; Pembelajaran akhlak; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:30
Last Modified: 21 Jan 2021 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9956

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics