Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis unity of sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X MA Walisongo Pecangaan Jepara

Ningsih, Rahayu (2019) Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis unity of sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X MA Walisongo Pecangaan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
full fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh 69% peserta didikmenyukai mata pelajaran agama dibandingkan dengan mata pelajaran sains (umum). Peserta didik menganggap bahwa ilmu agama dan ilmu sains khususnya ilmu kimia tidak ada kaitannya. Hal tersebut juga didukung belum terdapatnya bahan ajar kimia yang mengintegrasikan antara ilmu sains dan Islam. Peserta didik banyak yang belum mengetahui bahwa antara ilmu agama dan ilmu-ilmu lain merupakan satu kesatuan atau dikenal dengan istilah Unity of Sciences. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui susunan dan kualitas modul pembelajaran kimia berbasis Unity of Sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dikembangkan.Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dari Prof. Dr. Sugiyono yang dibatasi hanya sampai di langkah 6 (uji coba kelas kecil). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas XI MIPA 1 (kelas tahfidz) MA Walisongo Pecangaan Jepara. Hasil validasi modul menunjukkan modul sangat valid dengan persentase 93,3% oleh ahli Unity of Sciences, 94,5% oleh ahli materi, dan 91,4% oleh ahli media. Hasil uji keterbacaan modul menunjukkan bahwa modul memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dengan persentase rata-rata sekitar 97,7%. Hasil tanggapan peserta didik terhadap modul menunjukkan kategori baik dengan persentase rata-rata sekitar 82%. Hasil uji pre-test dan post-test peserta didik terhadap modul memiliki kategori tinggi dengan rata-rata skor n-gain sebesar 0,73. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis Unity of Sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit layak untuk digunakan dan memiliki kualitas yang baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorNirwana, Ratih RizqiUNSPECIFIED
Thesis advisorHakim, FachriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Unity of sciences; Larutan Elektrolit; Larutan nonelektrolit; Pembelajaran kimia; Integrasi sains dan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:48
Last Modified: 13 Aug 2019 04:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item