Bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal

Saefudin, Saefudin (2019) Bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

SAEFUDIN (131111093), “Bimbingan DAN Konseling Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa perilaku remaja saat ini yang kurang memiliki rasa dan jiwa tentang keagamaan. Begitu juga yang terjadi di SMA Pondok Modern Selamat Kendal dimana terdapat aspek-aspek religiusitas yang mempengaruhi tingkat religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal seperti aspek keyakinan, aspek praktik agama, aspek pengalaman, aspek pengetahuan agama, dan aspek konsekuensi. Dari beberapa aspek tersebut dapat diketahui penyebab rendahnya religiusitas sebagian siswa di SMA pondok Modern Selamat Kendal sehingga timbul beberapa dampak yang timbul seperti mudah untuk melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama, memiliki perilaku menyimpang dan lain sebagianya. Maka dengan adanya bimbingan dan konseling Islam dapat meningkatkan religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal dan analisis pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif diskriptif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang yang perlunya diamati. Penelitian kualitatif deskrptif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan bimbingan dan konseling Islam, yaitu acuan kerja yang digunakan dalam melakukan pengumpulan dan analisis data selalu bertumpu pada kerangka bimbingan dan konseling Islam yaitu dengan menggambarkan kondisi dan pelaksanaan bimbingan dan Konseling Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, Informasi guru BK, Informasi waka kesiswaan, Informasi guru agama, Informasi pengasuh asrama, Informasi Siswa. Penelitian ini sumber data sekunder yang dipakai adalah sumber tertulis seperti sumber buku, majalah ilmiah, dan dokumen-dokumen dari pihak yang terkait mengenai masalah religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi, Wanwancara, dan Dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model Milles dan Hubberman, meliputi data reduction,data display, dan verification.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi religiusitas siswa di SMA pondok Modern Selamat terdapat aspek religiusitas seperti aspek keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan agama, dan konsekuensi. Dari beberapa aspek tersebut dapat diketahui bahwa siswa di Sma Pondok Modern Selamat cukup relatif religiusitasnya dimana terdapat siswa yang memiliki religiusitas cukup baik, dan ada pula yang memliki religiusitas yang lemah dimana dilatar belakangi oleh beberapa faktor seperti keluarga, pergaulan, media sosial, kurangnya pengetahuan dasar agama. Kemudian penerapan dalam proses meningkatkan religiusitas terhadap siswa di SMA Pondok Modern Selamat dengan materi-materi yang berkaitan dengan dimensi religiusitas seperti dimensi keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan agama, dan konsekuensi contohnya bimbingan dalam pelaksanaan sholat berjamaah lima waktu, membaca Alquran, puasa, penerapan sikap tawadhu’. Setiap bentuk dari kegiatan keagamaan dan pendidikan sikap selalu menerapkan nilai-nilai Islami yang dapat meningkatkan religiusitas siswa di SMA Pondok Modern Selamat Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; Religiusitas; Kegiatan keagamaan; Pondok modern
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:55
Last Modified: 22 May 2021 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9998

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics