Layanan konseling individu sebagai upaya memperbaiki akhlak siswa di MA Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan

Azizah, Ni'matul (2019) Layanan konseling individu sebagai upaya memperbaiki akhlak siswa di MA Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ni’matul Azizah, 2018, Layanan Konseling Individu sebagai Upaya Memperbaiki Akhlak Siswa di MA Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Skripsi ini membahas tentang akhlak siswa di MA Sunniyyah Selo, dimana akhlak setiap siswa itu berbeda. Ada yang akhlaknya baik ada pula akhlak siswa yang kurang baik. akhlak baik ditunjukkan dengan kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah dan sopan santun terhadap orang yang lebih tua khususnya guru. Asedangkan akhlak yang kurang baik ditunjukkan siswa dengan kurangnya sopan santun terhadap orang yang lebih tua khususnya guru dan tidak mematuhi tata tertib yang ada di MA Sunniyyah Selo seperti merokok, membawa Hp, gaduh di dalam kelas, membolos, sampai melakuklan tindak asusila. Dari kasus tersebut konseling individu diharapkan mampu memperbaiki akhlak siswa yang ada di MA Sunniyyah Selo. Agar belajar mengajar berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan.
Tujuan pebelitian ini adalah 1) untuk mengetahui akhlak siswa di MA Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan. 2) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan konseling individu sebagai upaya memperbaiki akhlak siswa di MA Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model miles dan Huberman yakni reduki data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian Akhlak siswa di MA Sunniyyah Selo ada yang baik ada yang kurang baik. Akhlak baik ditunjukkan dengan ketaatan mentaati peraturan yang ada di sekolah, sopan santunnya terhadap guru, dan senantiasa menghindari hal – hal yang merugikan. Kemudian siswa yang akhlaknya kurang baik ditunjukkan dengan tidak taatnya siswa dengan peraturan yang ada di sekolah seperti membolos, membawa Hp di kelas, gaduh, merokok sampai melakukan tindak asusila, kurangnya sopan santun terhadap guru. Kurang baiknya akhlak siswa yang ditunjukkan dipengaruhi beberapa hal salah satunya masuknya siswa dimasa pubertas di mana siswa ingin menunjukkan jatidirinya ingin menunjukkan bahwa dia bisa melakukan sesuatu tanpa bantuan siapapun terkadang salah dalam menunjukkan hal tersebut, broken home di mana akibat dari hal tersebut anak kurang mendapatkan perhatian, serta kasih sayang yang utuh dari kedua orang tuanya dan anak memilih untuk mencari kasih sayang dan perhatian ari dunia luar, kemudian lingkungan yang di mana sangat berpengaruh penting juga di mana ketika anak berada dilingkungan yang baik maka anak akan berakhlak baik dan ketika anak dalam lingkungan yang kurang baik maka akhlaknyapun juga kurang baik. dari hal tersebut konseling individu yang dilakukan secara face to face diharapkan mampu memperbaiki akhlak siswa MA Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan. Perubahan akhlak yang kurang baik menjadi lebih baik ditunjukkan dengan prilaku salah satunya terlambat sekolah tidak terlalu sering, tidak membolos, HP dititipkan kepada guru BK, lebih sopan ketika bertemu dengan guru, tidak gaduh, tidak melakukan tindak asusila.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan memberikan sumbangan pemikiran atau saran dengan harapan semoga dapat menjadi upaya mengatasi problem siswa sehingga dapat meningkatkan akhlak siswa di MA Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling individu; Akhlak siswa; Bimbingan dan konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Aug 2019 05:03
Last Modified: 22 May 2021 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10010

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics