Makna akhlakul karimah dalam film Ketoprak Saridin : Andum Waris episode 2

Murbifala, Wirani Ugerdiyah (2019) Makna akhlakul karimah dalam film Ketoprak Saridin : Andum Waris episode 2. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Akhlak adalah pondasi awal dalam melakukan aktivitas dan kehidupan masyarakat seseorang pada kehidupan sehari-hari. Sangat penting untuk memahami dan menyempurnakan akhlak orang Islam, yaitu dengan cara mempelajari dan mengamalkan akhlakul karimah.
Film mengandung pesan edukatif selain aspek hiburan. Film ketoprak mampu memberikan pendidikan selaras dengan fungsi ketoprak itu sendiripun sebagai media pendidikan karakter, dapat dilihat melalui dialog-dialog yang digunakan dalam ketoprak dan cerita yang terkandung. Film dengan konten yang mendidik sangat diperlukan untuk mendukung salah satu fungsi film sebagai edukasi. Film Ketoprak Saridin: Andum Waris episode 2, ini sarat ajaran akhlak yakni, mengajarkan bagaimana akhlak terhadap ke sesama dan akhlak kepada Allah SWT. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini merumuskan permasalahan yaitu bagaimana makna akhlakul karimah dalam film ketoprak Saridin: Andum Waris Episode 2?
Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan mengetahui makna akhlakul karimah melalui tanda-tanda yang terdapat dalam film ketoprak. Analisis data dengan model semiotika Roland Barthes. Dalam teorinya, Barthes mengembangkan semiotika menjadi dua tingkatan pertandaan, yakni tingkat denotasi dan konotasi.
Penelitian ini menghasilkan makna-makna akhlakul karimah yang terdapat di film ketoprak Saridin: Andum Waris episode 2. Hasil penelitian ini diantaranya adalah makna dari akhlakul karimah ditunjukkan ke dalam dua macam, yaitu: (1) Akhlakul karimah terhadap Allah SWT, meliputi: beribadah kepada Allah dan berdzikir kepada Allah, dan (2) Akhlakul karimah terhadap sesama makhluk, meliputi: akhlak terhadap diri sendiri seperti: rendah hati, bersyukur, dan ikhlas; akhlak terhadap masyarakat seperti: menyambut/ memuliakan tamu, menasehati, meminta maaf jika melakukan kesalahan, dan saling mendoakan, kemudian; akhlak terhadap lingkungan yakni dengan melakukan perawatan terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlakul karimah; Film; Semiotika; Media dakwah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.267 Islam and arts
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 03 Sep 2019 10:05
Last Modified: 03 Sep 2019 10:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10033

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics