Strategi dakwah Radio Dais 107.9FM Masjid Agung Jawa Tengah pada program siaran “Nada Taqwa”

Ardiyani, Yasintha (2019) Strategi dakwah Radio Dais 107.9FM Masjid Agung Jawa Tengah pada program siaran “Nada Taqwa”. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi komunikasi telah mempermudah kegiatan dakwah, keberadaan media massa dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan pesan dakwah. Radio Dais Masjid Agung Jawa Tengah sebagai salah satu lembaga penyiaran turut melakukan dakwah melalui siaran radio, salah satunya dengan melahirkan program dakwah berupa Nada Taqwa. Program Nada Taqwa merupakan program hiburan untuk agama Islam yang disiarkan dengan format live atau langsung, diudarakan setiap hari pukul 15:30 sampai 16:30 WIB. Bahasa yang digunakan oleh Program Nada Taqwa menggunakan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia yang santai merupakan implementasi Radio Dais untuk menjadi radio yang bersifat bersahabat. Kekuatan dan daya tarik media radio terletak pada perpaduan antara suara dan musik. Bahasa siar yang digunakan penyiar dalam pogram Nada Taqwa menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami, ringan dalam artian merupakan bahasa keseharian. Materi yang disampaiakan oleh penyiar mengenai aqidah maupun ibadah yang berlandaskan Alqur’an dan hadist, serta materi disesuaikan dengan event kalender yaitu peringatan dan isu yang sedang terjadi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang digunakan oleh program Nada Taqwa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancaraa, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan penulis terhadap program Nada Taqwa.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah program Nada Taqwa menggunakan beberapa strategi untuk menyampaikan pesan dakwahnya, yaitu menentukan jadwal siaran serta memahami sasaran dakwah, menentukan metode dakwah yang digunakan, dan melakukan evaluasi terhadap pelakasanaan dakwah dalam program Nada Taqwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Siaran radio; Media dakwah; Dakwah melalui radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:23
Last Modified: 06 Sep 2019 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10035

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics