Manajemen dakwah Pondok Pesantren Al-Anwar I Sarang Rembang tahun 2017-2018

Khikmiyati, Khikmiyati (2019) Manajemen dakwah Pondok Pesantren Al-Anwar I Sarang Rembang tahun 2017-2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Manajemen Dakwah Ponpok Pesantren Al-Anwar I Sarang Rembang tahun 2017-2018”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan manajemen dakwah pondok pesantren Al-Anwar I Sarang Rembang tahun 2017-2018?, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Ponpes Al-Anwar I Sarang Rembangtahun 2017-2018?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen dakwah pondok pesantren Al-Anwar I Sarang Rembang tahun 2017-2018, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen dakwah pondok pesantren Al-Anwar I Sarang Rembang tahun 2017-2018.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah didapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan manajemen dakwah pondok pesantren Al-Anwar I Sarang Rembang tahun 2017-2018, dilakukan dengan merencanakan, mengorganisasi, mengaktualisasi dan mengawasi terhadap program dakwah. Perencanaan dilakukan dengan membuat program jangka pendek, tahunan dan jangka panjang, kemudian diorganisir dengan membuat job description terhadap program santri dengan melibatkan semua unsur pondok, dari pengorganisasian tersebut diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan dengan satu pengarahan yang jelas dari pimpinan yang dilaksanakan semua anggota, bentuk aktualisasi diwujudkan dalam sistem pendidikan dan pengajaran, sistem kemandirian, dan sistem takzir, kemudian melakukan pengawasan langsung yaitu jika proses peribadatan terjadi kesalahan maka langsung diberikan arahan kepada santri baik secara langsung maupun sindiran. Manajemen dakwah yang dilakukan dapat meningkatkan perilaku santri yang baik yang meliputi perilaku, tingkah laku, dan pola pikir santri agar dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan manajemen santri yang baik untuk progress ke depannya ketika terjun di masyarakat. 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen dakwah pondok pesantren Al-Anwar I Sarang Rembang diantaranya: a)faktor pendukungnya adalah adanya figur kyai, karena figur kyai yang alim sangat mumpuni dalam menyampaikan pembelajaran, begitu luas apa yang disampaikan, peran ustadz dan para masyahih sebagai pembantu kyai dalam melakukan pembelajaran dalam pesatren, peran pembina, kesadaran santri yang cukup mumpuni dalam menjalankan ibadah, mengaji, dan menjaga kebersihan pondok pesantren, keuangan dan alat yang mumpuni b)faktor penghambatnya adalah adanya beberapa santri yang masih kurang disiplin dalam menjalankan kegiatan pondok pesantren, adanya santri yang masih mengabaikan aturan atau tata tertib pesantren, beberapa santri yang kurang disiplin dan mengabaikan kegiatan pesantren, problematika berasal dari sebagian santri sendiri, banyak santri yang tidak tertib dalam masalah pembayaran yang telah ditentukan, perawatan alat-alat tidak diperhatikan, banyak santri yang tidak paham tentang informasi yang telah disampaikan oleh pengurus pondok dan kepala kamar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:42
Last Modified: 23 May 2021 05:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics