Analisis SWOT terhadap strategi pengembangan usaha pada Kurnia Sari Katering Semarang dan ditinjau dari segi bisnis Islam

Nikmah, Khusniatul Mazidun (2019) Analisis SWOT terhadap strategi pengembangan usaha pada Kurnia Sari Katering Semarang dan ditinjau dari segi bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurnia Sari Katering merupakan usaha di bidang makanan (kuliner), yakni jasa yang memberikan pelayanan dalam penyediaan makanan sesuai dengan pesanan. Berupa nasi box, kue ulang tahun, selapanan, snack, jajan bal, dan masih banyak lainnya. Usaha Kurnia Sari Katering sulit berkembang yaitu, harga produk yang tinggi di kalangan masyarakat setempat, pemasaran yang masih menggunakan sistem mulut ke mulut, dan semakin banyaknya usaha-usaha Katering baru di Semarang. Kondisi demikian berimbas pada Katering usaha Kurnia Sari. Sebagai rumusan masalah, bagaimana hasil analisis strategi pengembangan Usaha pada Kurnia Sari Katering Semarang dalam meningkatkan omzet penjualan melalui analisis SWOT?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam (in-depth interview) dengan informan yang memiliki kompetensi. Data sekunder adalah dokumen laporan-laporan, buku-buku, jurnal penelitian, artikel dan majalah ilmiah yang masih berkaitan dengan permasalahan penelitian. Metode pengumpulan data dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam matrik IFAS menunjukkan bahwa faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 2.99, hal ini mengidentifikasikan bahwa usaha Kurnia Sari Katering berada diposisi internal yabg kuat, dimana usaha ini memiliki kekuatan baik dari segi produk. Selanjutnya didalam matrik Efas menunjukan bahwa faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 3.24 , hal ini mengidentifikasikasi bahwa usaha Kurnia Sari Katering tersebut merespon diketahui setelah menggengkan kekuatan dengan peluang dan strategi SO, maka diperoleh untuk mempertahankan rasa yang enak dan penataan yang rapi. Meningkatkan penjualan dengan memperluas pemasaran. Dan pada strategi ST diperoleh hasil Meningkatkan promosi dengan memanfaatkan media sosial dan menambah tenaga kerja. Begitu pula dengan strategi WO diperoleh hasil untuk meningkatkan promosi dengan memanfaatkan media sosial, menambah tenaga kerja.dan terakhir yaitu strategi WT yaitu mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan dan menetapkan harga sesuai pasar atau konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan usaha; Analisis SWOT; Bisnis Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:36
Last Modified: 03 Jul 2021 04:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10067

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics